Indag Jabar Targetkan Meraih Prioritas Dana Dekontrasi dari Pemerintah Pusat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat menargetkan dana dekontrasi tahun 2021 dari pemerintah pusat mendapat prioritas lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan menjemput bola melakukan pembahasan dengan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh.Arifin Soendjayana mengungkapkan hal ini merupakan tindak lanjut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang ingin organisasi perangkat daerahnya berkolaborasi dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota dan asosiasi untuk meraih dukungan anggaran dan program.

Pekan lalu, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Perindustrian dan Perdagangan dengan mengajak kepala dinas Disperindag 27 kabupaten/kota. Dalam kesempatan itu, ia memaparkan sejumlah program yang sudah dilakukan.

“Harapannya dana alokasi khusus dan dana dekontrasi pada 2021 Jawa Barat mendapatkan prioritas lebih besar,” katanya dalam rilis, Senin (24/2/2020).

Program yang disampaikan ada beragam. Di antaranya, pengentasan masalah harga bawang putih dengan operasi pasar, lalu program revitalisasi 16 pasar tradisional. “Kami meminta bantuan ke Pemerintah Pusat untuk sarana dan prasarana pembangunan pasar pusat distribusi di tahun 2021,” papar Arifin.

Hal yang sama juga dilakukan saat pihaknya bertemu dengan Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perindustrian. Dalam pertemuan tersebut pihaknya melaporkan kondisi sektor industri pengolahan yang mengalami penurunan.

Dalam pertemuan tersebut pihak Indag juga memaparkan rencana pembangunan Kawasan Segitiga Rebana yang merupakan rencana Gubernur Ridwan Kamil. “Jika tata ruang sudah sesuai kita dorong untuk akselarasi. Pertemuan ini sekaligus meminta solusi dari pemerintah pusat,” katanya.

Selain pertemuan dengan pemerintah pusat, pihaknya mengaku sudah rutin menjalin pertemuan dengan pihak asosiasi perdagangan maupun industry.

Setidaknya ada 10 asosiasi yang sudah menggelar pertemuan dan membicarakan sejumlah langkah pembangunan di bidang Indag. “Kami menampung usulan program untuk 2021, intinya 2020 ini kami sudah bersinergi sesuai perintah pimpinan,” ujar Arifin.

(rls)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …