BUMN Didesak Produksi Masker Anti Virus Korona

Petugas mendorong troli bermuatan kardus yang berisi masker bantuan dari PMI pusat yang baru tiba di Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). (ILUSTRASI : HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

Petugas mendorong troli bermuatan kardus yang berisi masker bantuan dari PMI pusat yang baru tiba di Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). (ILUSTRASI : HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Wabah virus korona di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok menyebabkan kekhawatiran di berbagai belahan dunia lainnya, tak terkecuali Indonesia. Kebutuhan akan masker pelindung saluran pernafasan pun melonjak tinggi.


Pasalnya, masker merupakan alat pencegahan dini dari paparan virus korona yang bisa menular lewat udara. Kebutuhan masker yang terus meningkat membuat harga masker meroket dan sulit didapat menjadi sorotan media asing karena dinilai lebih mahal dari harga emas.

Menyikapi hal itu,Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan kepolisian untuk menyelidiki kenaikan harga yang dianggap berlebihan. Ada indikasi tindakan mengambil keuntungan yang berlebihan (excerssive margin).

Sementara itu, Anggota DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi meminta pemerintah melalui BUMN membuat kebijakan dengan memproduksi masker. Tujuannya untuk menekan harga masker yang mahal dan juga memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Saya berharap BUMN melalui PT RNI bisa membuat masker lebih banyak lagi untuk menekan harga masker dan mengatasi kelangkaan di dalam negeri,” ungkap Bobby di gedung DPR, Selasa (18/2/2020).

Seperti diketahui, permintaan masker tak hanya melonjak di dalam negeri tapi juga dari luar negeri. Beberapa hari lalu BUMN pun mendapat pesanan dua juta masker dari luar negeri.

Untuk itu, Ketua DPP Partai Golkar ini berharap tak hanya dijadikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari ekspor saja, tapi penting untuk mengutamakan kebutuhan dalam negeri.

“Ketersediaan masker secara massal dan terjangkau oleh masyarakat adalah upaya ketahanan negara dalam menghadapi dampak wabah virus corona,” pungkasnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

FIFGROUP Salurkan 75.510 Paket Sembako

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan …