Ruhimat Janji Beri Bantuan ke Petani

Salah seorang peserta mengajukan pertanyaan dalam kegiatan Bahas program ketahanan Pangan, di Aula Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Senin (17/2/2020).

Salah seorang peserta mengajukan pertanyaan dalam kegiatan Bahas program ketahanan Pangan, di Aula Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Senin (17/2/2020).

POJOKBANDUNG.com, SUBANG Petani di Kabupaten Subang akan mendapat bantuan dari pemerintah. Bantuan yang akan diberikan yakni, ketersediaan lahan, bibit tanaman dan padi, hingga permodalan.


Khusus penyediaan area maupun lahan pertanian, pemerintah akan mengusahakan agar pemilik lahan, yaitu Pabrik Gula (PG) dan PTP, tidak menarik biaya sewa terhadap petani.

Bupati Subang, Ruhimat mengatakan, batuan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan daerah. Oleh sebab itu, ia pun berjanji akan membantu para petani.

“Untuk permodalannya, kita akan mengusahakan pinjaman ke pihak bank pemerintah,” kata Ruhimat.

Akan tetapi dalam hal pemberian bantuan tani, pemerintah tak ingin salah sasaran. Sebab, jika bantuan tersebut dikelola oleh petani musiman, akan berdampak terhadap ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Subang.

“Mohon itu menjadi catatan, saya tidak ingin mendengar petani yang hanya ikut ikutan tapi bisa mendapatkan kredit,” tegasnya.

Agar bantuan tani tepat sasaran, peran penyuluh tani di Kabupaten Subang dalam menentukan petani yang layak mendapat bantuan perlu ditingkatkan pengawasnnya.

“Tentunya para penyuluh dituntut lebih selektif,” ucapnya.

Selain memberikan sejumlah kemudahan bagi petani, dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan nasional, Pemkab Subang melaksanakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian Daerah Kabupaten Subang (Kostrada).

“Kita akan meningkatkan koordinasi pelaksanaan gerakan komando strategi pembangunan pertanian di daerah,” pungkasnya.

(anr/b).

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …