Tanah Longsor Nyaris Robohkan SDN 2 Gunung Bentang Padalarang

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Tanah longsor nyaris merobohkan bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Gunung Bentang di Kampung Gunung Bentang RT 01 RW 23, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Minggu (16/2/2020) pukul 17.00 WIB. Dua ruangan jebol dan dokumen sekolah rusak, sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk sementara dihentikan.


Kepsek SDN 2 Gunung Bentang, Dede Marfuah menjelaskan, kejadian tersebut terjadi pada Minggu (16/2) sekitar pukul 17.00 WIB. Diduga longsor terjadi akibat tidak adanya saluran air (Drainase) di sekitar sekolah.

“Akibat hujan yang deras kemarin sore, tembok sekolah jebol dan dokumen yang ada ruang kepala sekolah semuanya rusak,” kata Dede saat ditemui Pojokbandung, Senin (17/2/2020).

Ia menjelaskan, bangunan jebol tersebut pertama diketahui oleh salah seorang penjaga sekolah yang hendak membersihkan ruangan kelas seperti biasa. Namun, saat masuk lingkungan sekolah lumpur telah menggenangi sebagian besar bangunan.

“Halaman sudah dipenuhi air kurang lebih satu meter, langsung saya laporan ke dinas dan pihak terkait,”katanya.

Dede menyebut, longsor yang mengakibatkan dua ruangan di SDN 2 Gunung Bentang jebol tersebut, merupakan kali pertama terjadi di sekolahnya. Oleh karena itu, ia berharap ada solusi dari Pemkab Bandung Barat agar kejadian serupa tidak terulang.

“Dari belakang sekolah kan tidak ada saluran air, jadi air dari atas langsung ke SDN 2 Gunung Bentang. Harapannya minta sekolah kami diberikan solusi dan diperbaiki agar kegiatan belajar mengajar normal kembali,” katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Imam Santoso MR mengatakan, pihaknya akan segera melakukan tindakan antisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi jika hujan dengan intensitas tinggi kembali datang.

“Kejadian ini lantaran ada dorongan tanah (longsor) dari atas dan kedua bangunan ini tidak mampu menahan beban. Jadinya jebol dan nyaris ambruk,”kata Imam.

Imam menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan penanganan dua bangunan yang jebol termasuk pembuatan saluran air (Drainase). Ia menilai, hal yang terpenting adalah mencari solusi cepat agar KBM bisa dilaksanakan kembali.

“Pihak konsultan akan segera ke sini, agar solusinya cepat ada kejadian yang lebih buruk tidak terjadi,” pungkasnya.

(kro/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

FIFGROUP Salurkan 75.510 Paket Sembako

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan …