Kunjungan Wisman Diprediksi Turun

Menteri BUMN Erick Tohir memberikan penjelasan kepada wartawan di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menteri BUMN Erick Tohir memberikan penjelasan kepada wartawan di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/2/2020).

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Virus Corona yang muncul pada Desember tahun lalu membuat banyak negara melakukan langkah-langkah antisipatif. Sayangnya, keputusan tersebut membuat sejumlah sektor ekonomi terpukul, utamanya yakni pariwisata.


Agar pariwisata tidak terus terperosok, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir ingin Indonesia tidak menggantungkan penerimaan devisa dari kunjungan turis asing. Dia berharap pemerintah dapat merancang skema untuk menarik minat masyarakat merealisasikan itu.

“Garuda Indonesia dengan tidak terbang ke Tiongkok, harus membuat strategi baru, dari penerbangan dalam negeri. Dulu (pakai pesawat) badannya kecil, (sekarang) jadi berbadan besar,” terang Erick dalam acara ‘1st Indonesia Healthcare Corporation Medical Forum’ di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Erick pun berkaca kepada Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang mayoritas masyarakatnya melakukan liburan di dalam negeri. Namun, untuk menuju hal itu, pemerintah Indonesia tentunya juga terus menggenjot infrastruktur pariwisata di daerah.

“Pariwisata Tiongkok ini kekuatannya 90 persen kebanyakan dari lokal, mereka itu sebetulnya enggak perlu gaet turis-turis asing. Seperti AS yang membangun ekosistem pariwisatanya, orang pergi dari LA ke New York aja sudah senang, karena sudah luar biasa industri pariwisata di sana,” tambah dia.

Di samping memukul sektor pariwisata, wabah virus Corona juga membuat kegiatan ekspor-impor lesu. Maka dari itu, Erick meminta perusahaan-perusahaan pelat merah meningkatkan sinergi karena virus ini berimbas ke banyak sektor.

“Saya ingin yang ada di BUMN saling koordinasi dengan Pelindo, AP, Garuda, tolong bantu. Jangan kita berpikir ini bukan urusan gue. Ini urusan kita bersama,” pungkasnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …