Pemkot dan DPRD Kota Bandung Lawatan  ke Jepang, Ini Hasilnya

POJOKBANDUNG.com – Walikota Bandung, Oded M. Danial beserta jajaran baru saja pulang dari Jepang untuk menghadiri beberapa agenda. Ia berangkat pada 2 Februari lalu, dan baru tiba kembali di Bandung pada 8 Februari 2020.


Selain Oded, turut dalam rombongan di antaranya, Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan, anggota DPRD Kota Bandung Maya Himawati dan Agus Gunawan yang turut serta dalam perjalanan ini, didampingi jajaran Pemerintah Kota Bandung.

Ada banyak rangkaian agenda yang dilakukan pada kunjungan ini. Hari pertama, Oded dan rombongan mendatangi Ukishima Incineration Plant.

Ukishima Incineration Plant adalah salah satu tempat pengelolaan sampah kertas dan plastik milik Pemerintah Kota Kawasaki. Pemkot Kawasaki memaparkan tentang tahapan pengelolaan sampah dan plastik dari mulai pemilahan, pengempresan, pembakaran hingga menjadi sesuatu yang bernilai (energi, barang daur ulang).

Setelah itu, mereka juga mengunjungi Kawasaki Environment Research Institute (KERI) sebagai pusat penelitian tentang lingkungan di Kawasaki.

“Di sini Mang Oded bersama Pak Teddy dan jajaran belajar betul tentang bagaimana pengelolaan lingkungan yang berhasil di Jepang yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa mengimplementasikannya di Bandung setelah ini,” kata Oded.

Keesokan harinya, rombongan mengunjungi J Bio Food Recycle Corporation. J Bio Food Recycle adalah perusahaan pengelolaan sampah organik yang mencakup beberapa kota di Jepang, termasuk Kota Kawasaki. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2018 ini mengolah sampah organik sebanyak 80 ton per hari, dan mampu menghasilkan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan sekitar 3000 rumah.

“Teknologi yang dipakai adalah teknologi ramah lingkungan.Sampah organik dihasilkan dari makanan kadaluarsa yang berasal dari stasiun, supermarket, restoran dan lainnya,” jelas Oded.

Sepulang dari J Bio Food Recycle Corporation, Oded dan jajaran melakukan diskusi terpumpun lanjutan dengan KERI. Diskusi ini membahas tentang teknologi yang cocok untuk diterapkan di Kota Bandung dan menghasilkan beberapa rencana aksi.

“Kami sudah berdiskusi selama lima kali. Hasil dari studi sementara adalah membangun TPA Cicabe sebagai pilot project yang dapat mengolah sampah sampah sebanyak 40 ton per hari. Lalu kita juga diberi beberapa solusi untuk business plan dari pembangunan TPA dengan bantuan dari Jepang,” imbuhnya.

Puncak dari kunjungan itu adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Bandung dan Pemkot Kawasaki. Kerja sama yang telah dijajaki selama setahun terakhir itu akan fokus pada penataan lingkungan dan kerja sama teknologi di bidang pengelolaan sampah.

“Kami sangat berharap kerja sama ini betul-betul bisa memberikan dampak positif ke Kota Bandung. Hadirnya jajaran DPRD Kota Bandung juga menunjukkan ada komunikasi, kerja sama, dan komitmen yang kuat dari eksekutif dan legislatif soal isu lingkungan ini,” ungkap Oded.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds

Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Turun

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 3,1 persen menjadi 3 persen. Meski …

Siap Maksimal di Kejuaraan Taekwondo Jabar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pada perhelatan Kejuaraan Tekwondo tingkat Provinsi Jawa Barat ITN Open IV, Kabupaten Subang turunkan 32 atlet. Kejuaraan …

Bencana Terus Datangi Kabupaten Subang

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (8/9/2019) dini hari, membuat sejumlah jalan dan pemukiman warga di wilayah …

Harga Eceran Bawang Putih Masih Mahal

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Harga bawang putih berangsur turun. Itu terjadi di sejumlah  Pasar tradisional Kota Cimahi. Pedagang di tingkat eceran …

Launching Tim Persib Tanggal 25

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung akan segera memperkenalkan skuat yang akan mengarungi kompetisi Liga 1 2020 dalam balutan acara launching …
penggugat

Advokat Harus Bekerja Sesuai Kode Etik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Umum Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari), Teguh Samudra mengingatkan anggotanya bekerja sesuai dengan kode etik. Jika …

Persib Vs Persikabo tanpa Penonton

POJOKBANDUNG .com, BANDUNG – Uji tanding antara Persib Bandung dan Tira-Persikabo dipastikan berpindah venue. Laga tersebut awalnya akan berlangsung di …

Tak Mau Kadernya Promosikan Keluarga

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menyoroti situasi politik 2024 mendatang. Pada tahun …