Pangdam : Jadikan Citarum Beranda Rumah Kita!

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto Nugroho saat silaturahmi dengan para pegiat lingkungan Citarum Harum di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto Nugroho saat silaturahmi dengan para pegiat lingkungan Citarum Harum di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengajak semua pihak bersama-sama, bergandengan tangan, dan merapatkan barisan untuk menjadikan Sungai Citarum sebagai beranda rumah.


“Tidak mungkin orang lain yang mengerjakan itu, selain kita yang ada di sini (Jawa Barat),” kata Nugroho saat silaturahmi dengan para pegiat lingkungan Citarum Harum di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Nomor 69 Bandung, Kamis (9/1/2020).

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Siliwangi selaku Wakil Komandan Satgas Citarum Harum Bidang Penataan ekosistem, mengatakan, program Citarum Harum telah berjalan selama 2 tahun dan memasuki tahun ke-3. “Masalah Sungai Citarum bukan hanya menjadi isu lokal Jawa Barat tetapi nasional dan internasional,” ujar Pangdam.

Panglima menuturkan, untuk menyukseskan program Citarum Harum, perlu kerja sama dengan melibatkan partisipasi semua pihak tanpa mengesampingkan peran masyarakat dalam membantu tugas Satgas Citarum Harum.

Nugroho menargetkan tidak sampai 5 tahun ke depan rehabilitasi Sungai Citarum selesai 100 %. “Mungkin setahun atau dua tahun sudah selesai asal bersama-sama bergandengan tangan, merapatkan barisan untuk membuat Citarum menjadi beranda depan rumah kita,” tutur Panglima.

Nugroho menyinggung tentang lokasi langganan banjir di Dayeuhkolot dan Baleendah. Dalam kondisi banjir 1 meter, dalam waktu kurang dari dua jam saja air dapat surut sangat drastis.

Apalagi dengan dibangunnya dua terowongan Nanjung dengan diameter 8 meter, sangat membantu sekali menurunkan air dari daratan kembali ke Sungai citarum.

Sementara itu, Ketua Harian Citarum Harum Mayjen TNI (Pur) Dedi Kusnadi Thamim mengatakan, para pegiat Citarum Harum berkumpul untuk memadukan dan menyinergikan kekuatan untuk membangun Citarum Harum menjadi lebih baik lagi.

“Sekarang sudah berjalan dua tahun sudah masuk tahun ke-3. Mari melakukan kegiatan secara maksimal agar lebih baik dalam penanganannya,” pungkas Dedi.

(Pendam III/Slw)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …