Pangdam : Jadikan Citarum Beranda Rumah Kita!

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto Nugroho saat silaturahmi dengan para pegiat lingkungan Citarum Harum di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto Nugroho saat silaturahmi dengan para pegiat lingkungan Citarum Harum di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengajak semua pihak bersama-sama, bergandengan tangan, dan merapatkan barisan untuk menjadikan Sungai Citarum sebagai beranda rumah.


“Tidak mungkin orang lain yang mengerjakan itu, selain kita yang ada di sini (Jawa Barat),” kata Nugroho saat silaturahmi dengan para pegiat lingkungan Citarum Harum di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Nomor 69 Bandung, Kamis (9/1/2020).

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Siliwangi selaku Wakil Komandan Satgas Citarum Harum Bidang Penataan ekosistem, mengatakan, program Citarum Harum telah berjalan selama 2 tahun dan memasuki tahun ke-3. “Masalah Sungai Citarum bukan hanya menjadi isu lokal Jawa Barat tetapi nasional dan internasional,” ujar Pangdam.

Panglima menuturkan, untuk menyukseskan program Citarum Harum, perlu kerja sama dengan melibatkan partisipasi semua pihak tanpa mengesampingkan peran masyarakat dalam membantu tugas Satgas Citarum Harum.

Nugroho menargetkan tidak sampai 5 tahun ke depan rehabilitasi Sungai Citarum selesai 100 %. “Mungkin setahun atau dua tahun sudah selesai asal bersama-sama bergandengan tangan, merapatkan barisan untuk membuat Citarum menjadi beranda depan rumah kita,” tutur Panglima.

Nugroho menyinggung tentang lokasi langganan banjir di Dayeuhkolot dan Baleendah. Dalam kondisi banjir 1 meter, dalam waktu kurang dari dua jam saja air dapat surut sangat drastis.

Apalagi dengan dibangunnya dua terowongan Nanjung dengan diameter 8 meter, sangat membantu sekali menurunkan air dari daratan kembali ke Sungai citarum.

Sementara itu, Ketua Harian Citarum Harum Mayjen TNI (Pur) Dedi Kusnadi Thamim mengatakan, para pegiat Citarum Harum berkumpul untuk memadukan dan menyinergikan kekuatan untuk membangun Citarum Harum menjadi lebih baik lagi.

“Sekarang sudah berjalan dua tahun sudah masuk tahun ke-3. Mari melakukan kegiatan secara maksimal agar lebih baik dalam penanganannya,” pungkas Dedi.

(Pendam III/Slw)

Loading...

loading...

Feeds

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.