Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Jaminan Sosial Kerja

Agung Budi Santoso (kedua kiri), memaparkan pentingnya jaminan sosial kerja, pada kegiatan Sosialisasi 4 pilar Berbangsa dan Bernegara, di Cimahi Utara.

Agung Budi Santoso (kedua kiri), memaparkan pentingnya jaminan sosial kerja, pada kegiatan Sosialisasi 4 pilar Berbangsa dan Bernegara, di Cimahi Utara.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jaminan sosial kerja bagi masyarakat pekerja perlu ditingkatkan. Sebab, kecelakaan saat bekerja tak bisa diprediksi.


Namun, sejauh ini masih ada masyarakat baik penerima upah maupun pekerja mandiri, yang belum menjaminkan kesehatannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dorongan dari sejumlah pihak.

Pada kesempatan ini, Agung Budi Santoso, selaku anggota komisi II DPR RI, berupaya memberikan dorongan melalui pemahaman terkait jaminan kesehatan kerja.

“Langkah awalnya, jangan bosan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Kita semua punya harapan dalam memperjuangkan kesejahteraan,” kata Agung, disela kegiatan Sosialisasi 4 pilar Berbangsa dan Bernegara, di Cimahi Utara.

Secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial, lanjut Agung, budaya gotong royong merupakan salah satu upaya nyata agar semua masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, serta mendapat santunan uang tunai apabila seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja atau menderita penyakit akibat kerja.

“Dengan gotong royong, maka manfaat dari jaminan sosial kesehatan kerja ini manfaatnya bisa kita rasakan bersama,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, di lingkup rumah aspirasi Agung Budi Santoso, sedikitnya 142 orang telah diberikan BPJamsostek Ketenagakerjaan. Untuk biayanya ditanggung langsung rumah aspirasi ABS.

“Harapan saya mereka yang mendapat BPJS Ketenagakerjaan mengajak masyarakat lain untuk memanfaatkan jaminan sosial. Sekarang pekerja mandiri juga bisa, misalnya pedagang kecil maupun ojek online,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds