HPN 2020, Dewan dan Pers Kab. Bandung Saling Bermitra Serta Bersinergi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang jatuh pada hari Minggu (9/2/2020) ini memberi arti penting bagi Kabupaten Bandung. Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung menyampaikan harapan dan pesan khusus bagi insan Pers terutama pemberitaan yang akurat dan obyektif.


Menurut Ketua DPRD Kabupaten Bandung H. Sugianto, S.Ag., M.Si, pers itu harus memberikan informasi secara obyektif agar terjadi penjelasan dan pencerahan kepada masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini banyak berita atau informasi hoaks yang menjurus kepada adu domba dan fitnah.

“Kedepan, mari kita jaga keamanan dan kenyamanan dalam menyajikan berita akurat agar terjadi edukasi kepada masyarakat. Untuk itu, berita-berita yang sampai ke masyarakat itu harus mencerahkan,” ujar Sugianto, Minggu (9/2/2020).

Sedangkan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan Ruswandi, S.Sos.I berpendapat, awal hubungan baik itu karena ada komunikasi yang baik, sehingga penyampaian berita akan lebih obyektif. Dirinya berharap komunikasi yang dijalin dengan berbagai leading sector atau instansi terutama yang terbiasa menjalin komunikasi agar lebih baik lagi.

“Semoga Pers tumbuh semakin sehat dan mampu bersama-sama memperkuat keindonesiaan, kebhinnekaan juga kesejahteraan rakyat,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bandung H. Yayat Hidayat, SE., MM menuturkan, Dewan dan Pers itu bermitra, karena satu sisi dewan sebagai wakil rakyat dan Pers menyebarkan informasi kepada rakyat. “Kita itu bermitra dan bersinergi untuk menampung dan menyampaikan aspirasi,” tukasnya.

“Saya barharap media dalam pemberitaan itu seimbang baik dari sisi pemberitaan maupun datanya. Seperti mata uang ada dua sisi. Tidak seperti mata pisau yang hanya satu sisi saja,” tandasnya.

Selain itu, Yayat berpesan agar wartawan sudah bersertifikat agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. “Minimal media dan wartawan sudah bersertifikat, karena untuk pemeberitaan akan lebih bagus dan seimbang. Artinya, wartawan itu akan lebih paham kode etiknya, sehingga beritanya akan lebih baik,” ungkapnya.

Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Bandung Hen Hen Asep Suhendar mengatakan, Pers sebagai corong setiap program dan kegiatan, tentunya sangat diperlukan keberadaan dan kehadirannya di setiap kegiatan yang dilakukan. Pengabdian insan Pers sangat membantu untuk menyosialisasikan setiap program dan kegiatan, sehingga sepak terjang para wakil rakyat dalam pengabdiannya senantiasa tersampaikan kepada rakyat.

“Hubungan baik dengan insan Pers yang sudah baik saat ini, diharapkan akan lebih baik lagi ke depannya dan lebih meningkatkan keterbukaan demi kebaikan,” ungkapnya.

(apt/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …