Tahun Ini, Diskominfo Jabar Lanjutkan Sosialisasi Pola Hidup Bersih Lebih Masif

Kepala Diskominfo Jabar, Setiaji

Kepala Diskominfo Jabar, Setiaji

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melanjutkan program sosialisasi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), khususnya untuk masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) Citarum.


Kepala Diskominfo Jabar Setiaji mengatakan program ini sudah dijalankan pada tahun 2019 ke berbagai sekolah. Tujuannya, ada peningkatan kesadaran hingga ke tingkat individu untuk menjaga keasrian sungai Citarum.

“Sosialisasi yang telah dilakukan selama setahun belakangan mayoritas menyasar warga usia remaja. PHBS diajarkan secara langsung ke SMA dan SMK di sekitar Sungai Citarum. Tahun 2020, program ini akan dilanjutkan dengan lebih masif,” kata dia di Gedung Sate, Rabu (5/2/2020).

Sosialisasi untuk tahun ini tidak hanya menyasar sekolah-sekolah. Rencananya, konten audiovisual yang lebih mudah dicerna masyarakat dalam aplikasi Sapa Warga yang sudah terintegrasi dalam gawai 50.000 ketua RW se-Jabar.

Sehingga, diharapkan para ketua RW juga dapat menjadi agen yang mampu menyebarluaskan pentingnya PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

“Apalagi sekarang kan ramai pencegahan virus Corona juga, jadi PHBS ini akan disosialisasikan secara lebih luas lagi,” jelasnya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki tanggung jawab lebih untuk merealisasikan tujuan utama mengenai sungai Citarum yang telah dicanangkan sebagai program strategis nasional agar kondisinya tidak lagi tercemar polutan.

Secara umum, PHBS mengajak masyarakat untuk tidak mencemari sungai dengan berhenti membuang sampah dan limbah rumah tangga ke badan sungai. Selain itu, PHBS juga mengajarkan masyarakat cara menjaga kebersihan diri dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun manfaat lain PHBS di masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan mampu mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat.Adapun manfaat lain PHBS di masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan mampu mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat. Update informasi soal citarum sendiri bisa dicek di citarumharum.jabarprov.go.id. (cr4/rls)

(cr4/rls)

Loading...

loading...

Feeds

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …