Pasar Kordon Jadi Biang Kemacetan

Sejumlah kendaraan terjebak macet, Minggu (6/9/2020). 
Pemkot Bandung berencana memindahkan Pasar Kordon lantaran dinilai menjadi penyebab kemacetan di sekitar Jalan Buahbatu.

Sejumlah kendaraan terjebak macet, Minggu (6/9/2020). Pemkot Bandung berencana memindahkan Pasar Kordon lantaran dinilai menjadi penyebab kemacetan di sekitar Jalan Buahbatu.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana memindahkan Pasar Kordon. Pemindahan dilakukan sebagai upaya mengurai kemacetan di sekitar Jalan Terusan Buahbatu, Kota Bandung.


Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana. Menurutnya,
Pasar Kordon ditenggarai menjadi salah satu sumber kemacetan di sekitar Jalan Terusan Buahbatu.

“Lokasi pemindahan dipilih PD Pasar, jaraknya tidak jauh dari Pasar Kordon saat ini, yaitu ke Jalan Puskesmas. Kebetulan lahan tersebut sudah menjadi milik PD Pasar, jadi bisa digunakan,” ujar Yana, Senin (3/2/2020).

Kata Yana, luas Pasar Kordon saat ini sekitar 1.300 meter persegi, dengan jumlah pedagang sekitar 264 orang. Rencananya, pemindahan dilakukan ke lahan yang lebih luas sehingga dipastikan bisa menampung semua pedagang eksisting.

“Hari ini baru dilihat kemungkinannya. Apakah bisa bangun pasar di sana. Jika memungkinkan aktivitas pasar bisa dipindahkan. Harapannya bisa mengurai kemacetan di sekitar Pasar Kordon ini,” jelas Yana.

Yana yakin, dengan pasar yang akan dibangun para pedagang bisa menempati tempat yang lebih baik. Termasuk dengan selasar lebih luas dan sirkulasi yang cukup baik.

“Kalau yang sekarang (pasar) itu milik swasta. Jadi untuk pemindahan ini minimal sudah ada lahan yang disiapkan,” ucapnya.

Selain menjadi penyebab kemacetan, alasan lain pemindahan Pasar Kordon karena sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

“Pasar ini cukup sulit untuk untuk kita kembangkan. Mudah-mudahan bisa direalisasikan. Soalnya tidak terlalu jauh dari jalan utama,” katanya.

Dihubungi terpisah, Direktur Operasional PD Pasar Bermartabat, Panca Saktiadi mengatakan, pihaknya siap melakukan relokasi Pasar Kordon jika memang diperintahkan Pemkot Bandung.

“Ya memang keberadaan Pasar Kordon sudah menjadi salah satu sumber kemacetan. Hal ini juga sudah dibahas dalam rapat Satgasus PKL. Sehingga memang harus segera diselesaikan. Kami siap jika harus membangun dan merelokasi pasar kordon,” papar Panca.

Meski demikian, Panca mengaku, pihaknya belum mendapat instruksi resmi dari Pemkot Bandung untuk segera melakukan pembangunan dan relokasi. Menurut Panca, jika sudah ada instruksi, pihaknya bisa segera melakukan pembangunan dengan skema pembangunan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Jadi meskipun di tengah tahun anggaran, namun kami bisa melaksanakan pembangunan, karena bisa bekerjasama dengan pihak ketiga,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds