Virus Corona Gegara Perubahan Perilaku Manusia, Sejak Dulu Sudah Melekat di Hewan

POJOKBANDUNG.com – Penularan virus corona dari hewan ke manusia akibat perubahan perilaku manusia. Virus tersebut sudah  melekat pada hewan seperti ular dan kelelawar sejak dulu. Hanya saja, kenapa baru diketahui sekarang?


Wabah pneumonia karena virus corona di Wuhan, Cina, membuat khawatir banyak pihak. Selain telah menginfeksi ribuan orang dan ratusan di antaranya meninggal dunia, virus tersebut juga sudah menyebar luas di Asia hingga Eropa.

Berbicara mengenai cara penularannya, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Mohammad Faqih, mengatakan bahwa novel coronavirus (nCov) bermula dari kontak hewan ke manusia.

“Selanjutnya baru menular antarmanusia lewat batuk dan bersin hingga lewat makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut,” katanya.

Tentang hewan sendiri, Daeng pun secara spesifik menyebutkan ular dan kelelawar. Namun, jika diperhatikan, kedua hewan tersebut tentu sudah ada sejak dulu. Lalu, kenapa virus tersebut baru diketahui saat ini?

Menjelaskan fenomena tersebut, ahli mikrobiologi R. Fera Ibrahim mengatakan ini disebabkan oleh perubahan perilaku manusia. Menurutnya, di zaman dulu, pola makan manusia sangat biasa. Itu berarti, mereka mengonsumsi makanan dengan jenis tidak terlalu beragam. Contohnya daging ayam, sapi, kambing, atau ikan.

(bbs)

 

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …