Wabah Virus Corona, WNI dari China Akan Dikarantina

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – WNI yang berasal dari Provinsi Hubei, termasuk Kota Wuhan akan dikarantina terkait wabah virus Corona (2019-nCoV). Pemerintah Indonesia berencana melibatkan Kemenkes, Kemendagri dan Pemda.


“Tadi saya bicara dengan pihak Kemenkes juga tentu akan ada karantina. Bagaimana secara teknis itu akan dilaksanakan oleh Kemenkes. Ada banyak opsi yang disampaikan secara teknis kepada saya oleh Kemenkes,” ucap jubir Presiden, Fadjroel Rachman, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2020).

Menurut dia, upaya karantina melibatkan sejumlah pihak, seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan pemerintah daerah. Pemerintah pusat dan daerah akan berkoordinasi.

“Teknis nanti akan disampaikan secara langsung oleh Kemenkes dan Kemendagri karena ini banyak juga, dan nanti akan ada koordinasinya dengan gubernur apabila dia berada di suatu provinsi tertentu, bahkan bupati atau wali kota apabila berada di kota-kota tersebut,” ujar Fadjroel.

Fadjroel belum bisa memastikan lokasi karantina bagi WNI apakah di pulau terluar atau rumah sakit yang sudah ditetapkan. Yang jelas, pemerintah akan mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pandemi Global, dan Kedaruratan Nuklir, Biologi, dan Kimia.

“Saya tidak bisa menjawab sekarang, karena itu yang akan diselesaikan oleh semua kementerian. Apakah di suatu tempat tertentu apakah di kapal, apakah ini, apakah itu. Tentu pertanyaan-pertanyaan teknis itu yang langsung terkait dengan teknis itu dokter Terawan sebagai Menkes dan termasuk yang lain,” ujar Fadjroel.

(dtk)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …