Virus Corona Pengaruhi Sektor Pariwisata

pemerintah Tiongkok pun juga melarang warganya untuk menunda perjalanannya ke luar negeri. Hal tersebut guna mengantisipasi pelebaran wabah virus Corona.

pemerintah Tiongkok pun juga melarang warganya untuk menunda perjalanannya ke luar negeri. Hal tersebut guna mengantisipasi pelebaran wabah virus Corona.

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Virus Corona yang mewabah di Wuhan, Tiongkok ikut berdampak pada sektor pariwisata. Sebab berbagai negara telah menghentikan sementara penerbangan ke Kota Wuhan, termasuk Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


Meskipun Indonesia belum menegaskan pelarangan wisman Tiongkok berkunjung ke Indonesia, namun pemerintah Tiongkok pun juga melarang warganya untuk menunda perjalanannya ke luar negeri. Hal tersebut guna mengantisipasi pelebaran wabah virus Corona.

Pengamat Pariwisata Asnawi Bahar mengaku, pengaruh virus Corona terhadap sektor pariwisata sangat besar. Sebab, wisatawan mancanegara yang berasal dari Tiongkok per tahunnya cukup banyak.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok sepanjang Januari-Oktober 2019 mencapai 1,77 juta orang. Menurut Asnawi, Indonesia kedatangan wisman Tiongkok mencapai rata-rata 150 ribu setiap bulan.

“Pengaruh akan sangat besar. Tergantung berapa lama kasus ini teratasi,” ujarnya saat dihubungi oleh Jawapos.com, Kamis (30/1/2020).

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengakui, dampak wabah virus Corona ini akan berpengaruh pada sektor pariwisata. Sebab, sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang dapat diandalkan.

“Ini yang tentu akan kita waspadai karena kita selalu mengatakan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kita andalkan,” tuturnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …