Modal Bagus Persib untuk Jadi Juara

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bakal memiliki komposisi pemain belakang yang tangguh pada Liga 1 2020. Klub berjulukan Maung Bandung itu memiliki lima bek tengah siap pakai.


Mereka adalah Nick Kuipers, Fabiano Beltrame, Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, dan Indra Mustafa. Reputasi kelima pemain ini tak diragukan sebagai bek tangguh di pentas sepak bola Indonesia.

Terlebih, Fabiano, Igbonefo, dan Achmad Jufriyanto yang sudah menjadi andalan Persib. Fabiano, Igbonefo, dan Achmad Jufriyanto sudah lama berkarier di sepak bola Indonesia.

Keunggulan ketiga pemain ini ada pada kualitas dan pengalamannya. Begitu pula dengan Kuipers, bek berusia 27 tahun itu menjadi benteng kukuh di sektor bek tengah Persib pada musim lalu.

Sejak Kuipers bergabung dengan Persib pada putaran kedua Liga 1 2019, sektor pertahanan klub berjulukan Maung Bandung itu sulit ditembus lawan. Sementara itu, Indra Mustafa berstatus sebagai bek muda potensial.  Meski pada musim lalu Indra hanya tampil dalam enam pertandingan, dia tetap bisa menjadi alternatif yang bisa diandalkan Persib di sektor belakang pada musim ini.

Pelatih Persib, Robert Alberts, mengatakan, timnya memiliki komposisi pemain belakang yang ideal. Menurut pelatih asal Belanda itu, salah satu kunci untuk menjuarai kompetisi adalah pertahanan yang kuat.

“Itu sangat bagus. Kebanyakan tim yang memenangi liga adalah tim yang mempunyai pertahanan terkuat,” kata Robert di Inspire Academy, Kabupaten Bandung Barat, kemarin.

Robert tidak asal bicara. Faktanya, dalam dua musim terakhir, tim juara Liga 1 memang memiliki pertahanan yang kuat. Indikasinya adalah jumlah kebobolan Persib yang lebih sedikit dibandingkan tim lainnya.

Selain itu, Persib memiliki lebih dari tiga bek tengah dalam skuadnya. Pada Liga 1 2018, Persija Jakarta hanya kebobolan 36 gol dari 34 pertandingan. Selain itu, tim berjulukan Macan Kemayoran itu punya empat bek tengah.

Kemudian, pada Liga 1 2019, Bali United menjadi kampiun dengan jumlah kebobolan paling sedikit selama kompetisi, yakni 35 kali kebobolan dari 34 laga. Sama halnya dengan Persija, Bali United pun memiliki empat bek tengah dalam skuadnya musim lalu.

Oleh karena itu, Robert mulai membangun skuad Persib musim ini dengan memperkuat komposisi di sektor pertahanan. Pembangunan sektor pertahanan mulai dengan kedatangan Igbonefo dan disusul dengan bergabungnya kiper anyar, Teja Paku Alam.

“Oleh karena itu, kami mulai membangun tim ini dari pertahanan yang tangguh. Karena kami memang memiliki target tinggi di musim ini,” ujar Robert.

Robert menganggap komposisi pemain belakang yang tangguh. Selain Igbonefo, Kuipers, Achmad Jufriyanto, Fabiano, dan Indra Mustafa, Persib juga memiliki Supardi Nasir, Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Zalnando, dan Mario Jardel di sektor bek sayap. Pelatih 65 tahun itu menuturkan, Persib saat ini fokus mencari tambahan pemain di sektor depan.

Sebab, Maung Bandung sudah kehilangan Kevin van Kippersluis dan Ezechiel N’Douassel. Persib tampaknya akan mengalokasikan kuota dua pemain asing yang mereka miliki untuk mendatangkan pemain berposisi menyerang.

“Untuk saat ini, kami harus fokus lebih dulu pada tim ini, fokus pada Liga 1 karena waktu yang tersisa hanya tinggal satu bulan lagi,” tutur Robert “Kami harus fokus untuk mencari dua pemain bertipikal menyerang untuk tim ini,” ujar dia.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds

Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp5 Ribu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan 100 persen bebas kantong plastik pada 2025. Untuk merealisasikan target tersebut, pada …

DPD HAPI Jabar Ambil Sumpah 52 Advokat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – 52 Advokat diambil sumpah oleh Dewan Perwakikan Daerah Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia (DPD-HAPI) Jawa Barat di kantor  Pengadilan …

Kegiatan Bakti Sosial Merenovasi Rumah

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Rumah milik Mak Erum (60) warga Kp.Krajan Barat RT 08/RW 02 Desa Pasaribungur, mendapat bantuan untuk diperbaiki. …