Pemkab Subang Tuntut Kades Kembangkan Potensi Daerah

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang, Nana Mulyana (tengah) menggelar silaturahmi dengan Forum BUMDes Se - Kabupaten Subang, Senin (27/1/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang, Nana Mulyana (tengah) menggelar silaturahmi dengan Forum BUMDes Se - Kabupaten Subang, Senin (27/1/2020).

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, meminta Pemerintah Desa mengembangkan sejumlah potensi daerah guna meningkatkan ekonomi masyarakat.


Sejauh ini babaerapa potensi yang dapat dikembangkan di wilayah Subang antara lain, pertanian, perikanan, dan perkebunan. Itu diharapkan bisa dipadukan dengan industri pariwisata.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang, Nana Mulyana.

Dia berharap setiap desa mampu menghasilkan inovasi inovasi, baik dibidang pertanian, perkebunan dan perikanan agar bidang ini semakin digemari masyarakat khususnya generasi milenial.

Tidak hanya itu, Nana juga minta bidang ini dikembangkan bersama dengan industri pariwisata, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Subang sudah menjadi destinasi wisata. Desa bisa ikut berpratispasi di dalamnya, sehingga wisatawan tak hanya berkenjung ke tempat wisata yang sudah lebih dulu dikenal, namun bisa berwisata ke desa desa dan dapat meningkatkan perekonomian,”  ujarnya.

Nana juga berharap Pendamping Desa (PD) turut berperan untuk mengembangkan potensi pariwisata di Subang. Pasalnya, meski Subang sudah menjadi destinasi wisata, namun hal itu tidak akan cukup untuk menopang perekonomian kalau pelaku usahanya minim.

“Saya ingin, melalui ide, gagasan serta inovasi dari Pendamping desa ini dapat meningkatkan perekonomian, salah satunya melalui pengembangan potensi sumber daya alam (SDA) dimasing masing desa,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta seluruh desa di daerah itu membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan.

“Manfaat DD ( dana desa) tujuannya untuk mengelola potensi unggulan di desa.Hal ini tentunya akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui BUMDes,” kata Nana.

Dia mengatakan banyak potensi desa yang dapat dikembangkan, tinggal bagaimana pihak desa mampu membaca peluang tersebut.

Menurut dia, potensi unggulan di berbagai desa itu termasuk hasil pertanian, perikanan, serta perkebunan termasuk potensi wisata.

“Salah satu potensi ekonomi yang sudah dikembangkan, yaitu potensi wisata desa, seperti di desa Kumpay, desa Cibeusi, dan desa desa lainnya. Mudah mudahan desa lainnya bisa mencontohnya,” pungkanya.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

XL Axiata Perpanjang Gratis Akses 2GB/hari

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan program gratis 2GB/hari sesuai dengan keputusan pemerintah yang memperpanjang tanggap darurat guna menghindari …