Pemain Persib Bandung Dilarang Pulang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung akan mematangkan persiapan mereka dalam menghadapi Liga 1 2020 melalui pemusatan latihan. Klub berjulukan Maung Bandung itu akan menggelar pemusatan latihan di daerah Lembang selama satu pekan, dari tanggal 26 hingga 31 Januari 2020.


Pelatih Persib, Robert Alberts, mengungkapkan sasaran utama dari digelarnya pemusatan latihan adalah untuk membentuk kebersamaan dan kekompakan di dalam tim antara pemain dan pelatih. Meski jarak Lembang dan Bandung tidaklah jauh, Alberts menerapkan aturan kepada para pemainnya agar tidak pulang ke rumahnya masing-masing. Mereka diwajibkan menginap selama pemusatan latihan berlangsung.

“Kami harus tetap bersama selama pemusatan latihan di Lembang. Ini seperti camp, jadi tidak boleh ada pemain atau staf yang pulang,” kata Alberts.

Bagi Persib, menggelar pemusatan latihan di kawasan Lembang bukanlah hal yang baru. Sejak dulu, Maung Bandung memang sering menggelar pemusatan latihan di daerah Lembang atau Subang.

Kawasan Lembang dan Subang bisa dibilang menjadi tempat favorit bagi pelatih legendaris Persib, Indra Thohir, dalam mematangkan persiapan anak asuhnya menghadapi kompetisi. Biasanya, pelatih yang sukses membawa Persib menjadi kampiun kompetisi Perserikatan edisi terakhir (1993-1994), dan jawara Liga Indonesia edisi pertama (1993-1994) itu akan menggenjot anak-anak asuhnya melalui latihan fisik dengan intensitas tinggi.

Pada era kepelatihan Djajang Nurdjaman (2012-2017), Persib mulai jarang menggelar pemusatan latihan di kawasan Lembang atau Subang. Mereka lebih sering menggelar pemusatan latihan di daerah Ciamis dan Pangandaran.

Sementara itu, pada masa kepelatihan Mario Gomez (2018), Persib mulai menjalani pemusatan latihan di luar area Jawa Barat. Pada saat itu, Gomez memilih Yogyakarta sebagai tempat pemusatan latihan bagi Ardi Idrus dkk.

Tradisi itu diteruskan oleh Miljan Radovic, saat menangani Persib pada musim 2019. Kala itu, Radovic membawa tim Persib menggelar pemusatan latihan di Batam.

Alberts menjelaskan mengenai pertimbangannya memilih Lembang sebagai tempat pemusatan latihan Persib. Menurut dia di Lembang memiliki tempat yang cukup representatif bagi Persib untuk melakukan persiapan sebelum kompetisi.

Selain itu, kawasan Lembang yang sejuk dan suasananya yang cukup sepi karena jauh dari ingar bingar suasana perkotaan, akan membuat para pemain lebih nyaman dan fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi kompetisi. “Jadi kami isi pramusim dengan latihan sehari dua kali untuk tingkatkan kualitas tim. Kami tahu sangat sulit untuk lakukan itu di Bandung karena sedikit lapangan yang tersedia,” tutur Alberts.

Selain berlatih, Alberts telah menyiapkan agenda lain bagi anak asuhnya untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan.

Menurut Alberts, penting bagi para pemainnya untuk menjaga kebersamaan dan kekompakan di luar lapangan. Sebab, hal itu akan berpengaruh pada kolektivitas permainan tim saat pertandingan nanti.

“Di Lembang kami akan melakukan latihan pagi dan sore, sementara malamnya akan diisi dengan pertemuan bersama pemain dan staf,” ucap pelatih 65 tahun itu. “Hingga akhirnya pada hari terakhir di Lembang, akan kami isi dengan laga persahabatan untuk membangun tim di liga,” pungkasnya.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds

XL Axiata Perpanjang Gratis Akses 2GB/hari

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan program gratis 2GB/hari sesuai dengan keputusan pemerintah yang memperpanjang tanggap darurat guna menghindari …