Jembatan Ganda Leuwigajah Segera Dibangun

PADAT : Sejumlah kendaraan melintas di Jembatan Leuwigajah, Kamis (23/1/2020). (Foto : SATRIA WIDI/JOB FOTO 1)

PADAT : Sejumlah kendaraan melintas di Jembatan Leuwigajah, Kamis (23/1/2020). (Foto : SATRIA WIDI/JOB FOTO 1)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi memastikan pembangunan jembatan ganda di Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan tahun 2020. Pembangunan tersebut rencanya akan dilakukan langsung oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.


Kepala Bidang Perencanaan Fisik pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cimahi Febri Widyatmoko mengatakan, jembatan ganda tersebut akan dibangun bersebelahan dengan jembatan yang sudah ada, tepat di atas ruas jalan Tol Purbaleunyi.

“Pemkot Cimahi mendukung kegiatan pembangunan dari segi perizinan dan dokumen lingkungan berupa UPL/UKL,” kata Febri.

Spek jembatan tersebut sepanjang sembilan meter, lebar tujuh meter, ditambah trotoar di kiri dan kanan masing-masing satu meter, bakal menyedot anggaran Rp 29 miliar.

“Anggarannya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga. Tidak ada lahan yang mesti dibebaskan, hanya pengajuan perizinan ke Badan Pengatur Jalan Tol,” katanya.

Sekretaris Daerah Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menambahkn, pembangunan jembatan ganda tersebut diharapkan bisa mengurangi kemacetan di ruas Jalan Mahar Martanegara.

Hampir setiap saat terutama pada jam-jam sibuk, lalu lintas di Bundaran Leuwigajah yang menghubungkan Cimahi dengan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan menuju Kota Bandung disergap macet parah.

Selain volume kendaraan yang bertambah, faktor lain penyebab kemacetan di sekitar Leuwigajah adalah karena terbatasnya lebar ruas jembatan dan karakter jembatan yang menyempit atau bottle neck.

“Jadi, mereka yang mau ke Leuwigajah, Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung, (jalan) itu akses utamanya. Akan terjadi kemacetan parah setiap pagi dan sore saat dibangun. Namun kalau sudah rampung bakal otomatis mengurangi kemacetan,” kata dia.

Selain pembangunan jembatan ganda Leuwigajah, upaya lain mengurangi kemacetan di Cimahi yakni pembangunan underpass Jalan Dustira.

“Sama pada tahun ini juga, mudah-mudahan bisa dilaksanakan sekaligus, anggarannya juga dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemkot  Cimahi kebagian bantuan keuangan Rp 177 miliar untuk sejumlah proyek termasuk yang dua proyek tadi,” pungkasnya.

(bie)

 

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Vaksinasi Tahap Pertama Segera Selesai

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Vaksinasi COVID-19 tahap I untuk dosis I terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dimulai …