Peserta Terbantu Berkat Kehadiran Si Rompi Kuning BPJS SATU

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI –  Kemudahan dalam mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan di era program Jaminan Kesehantan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat terbukti bagi seluruh masyarakat Indonesia. Keraguan untuk berobat karena faktor biaya sudah dapat mereka kesampingkan dengan menjadi peserta JKN-KIS. Berbagai macam inovasi terus diciptakan oleh BPJS Kesehatan untuk menunjang peserta JKN-KIS dalam pemenuhan akses di seluruh fasilitas kesehatan, salah satunya melalui program BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu.


BPJS SATU adalah optimalisasi petugas P3 (Penanganan Pengaduan Peserta) BPJS Kesehatan di rumah sakit melalui pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pegelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit. Untuk memudahkan peserta program JKN-KIS mengenali Petugas BPJS SATU, selain diberikan identitas mencolok berupa rompi berwarna kuning dan bertuliskan BPJS SATU, dilakukan pula pemasangan poster yang berisi informasi nama petugas, foto dan nomor handphone pada titik-titik yang umumnya sering dilewati dan dikunjungi oleh peserta di rumah sakit seperti ruang pendaftaran, ruang tunggu poliklinik, ruang tunggu apotek, ruang pendaftaran pasien rawat inap, dan Unit Gawat Darurat.

“BPJS SATU akan rutin mengunjungi dan melakukan costumer visit ke peserta JKN – KIS yang sedang rawat inap maupun rawat jalan di Rumah Sakit. Kami datang dalam rangka menampung pengaduan serta memfasilitasi antara peserta JKN – KIS dengan Rumah Sakit sehingga tidak ada kesalahpahaman terutama informasi terkait JKN – KIS,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sugeng Susilo.

Selain siap untuk membantu peserta mendapatkan informasi seputar pelayanan di rumah sakit, petugas BPJS SATU juga siap memberikan informasi lainnya mengenai penyelenggaraan Program JKN-KIS. Seperti yang dialami oleh Salah satu peserta JKN-KIS yang sedang berkunjung ke RS Mitra Kasih Cimahi, Maimunah (42), yang dikunjungi oleh petugas BPJS SATU untuk menanyakan kesan dan pesan serta pengalaman selama berobat.

Dirinya mengaku sangat terbantu dengan adanya kunjungan dari Petugas BPJS SATU. Ia mengaku dapat lebih leluasa mendapatkan informasi dan bertanya terkait Program JKN-KIS khususnya terkait beberapa prosedur yang masih belum ia pahami.

“Program BPJS SATU ini menurut saya sangat bagus dan informatif ya. Jadi kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi langsung dari petugas BPJS Kesehatan dan tidak perlu merasa kebingungan jika ada hal-hal terkait pelayanan sebegai peserta JKN-KIS yang ingin kita tanyakan di rumah sakit,” ujarnya.

(rls)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …