Pembangunan Pasar Tradisional Masuk Tahap Akhir

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana beserta jajaran meninjau Pasar Sederhana untuk memastikan progres pembangunan, Kamis (23/1/2020).

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana beserta jajaran meninjau Pasar Sederhana untuk memastikan progres pembangunan, Kamis (23/1/2020).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan, pembangunan sejumlah pasar tradisional berjalan sesuai rencana. Bahkan, beberapa di antaranya telah memasuki tahap penyelesaian akhir.


Kepastian tersebut diperoleh Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana meninjau Pasar Sederhana, Cihaurgeulis dan Pasar Kosambi.

“Kita telah meninjau sambil mengecek kesiapan beberapa pasar. Progres pembangunannya sesuai rencana,” ujar Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (23/1/2020).

Ia mengungkapkan, pasar yang tengah dibangun bukan hanya untuk para pedagang lama tetapi juga untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL). Ia mencontohkan, PKL di Pasar Sederhana nantinya akan masuk ke dalam. Hal itu juga berlaku untuk Pasar Cihaurgeulis dan Pasar Kosambi.

“Perkembangan Pasar Sederhana, pedagang yang di luar bisa masuk karena sudah disiapkan ruang dagangnya. Pasar Cihaurgeulis (progresnya) 85 persenan. Konstruksi sudah bagus, tinggal finishing cukup lamanya. Sementara itu, Pasar Kosambi, pedagang eksisting sudah masuk,” jelasnya.

“Pedagang akan nyaman, pembeli juga makin nyaman, ekonomi kerakayatan berjaan bagus,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Umum Operasional dan Komersil PD Pasar, Panca Saktiadi menyampaikan, untuk penataan PKL Pasar Sederhana yang terletak di depan pasar untuk lebih nyaman berjualan. Di samping itu, memberikan kelancaran dalam lalu lintas.

“Penataan PKL Pasar Sederhana ini di depan, termasuk beban lalu lintasnya tinggi. Kita harap PKL Sederhana yang berada di Jalan Jurang ini masuk ke pasar. Kita sudah siap. Alhamdulilah PD Pasar sudah siap menerima para PKL dari luar sebanyak 80 PKL,” katanya.

Menurut Panca, ketersediaan tempat untuk PKL di luar pasar itu cukup banyak karena ruang dagang di Pasar Sederhana mencapai 270 ruang dagang. Sedangkan Pasar Cihaurgeulis, kata Panca, pembangunannya telah mencapai 80 persen. Rencananya pekan depan masuk tahap pengecoran dan pekan selanjutnya top up.

“Tadi juga bersama perwakilan para pedagang meninjau pasar. Progres kita percepatan terus dengan targetnya Maret. Ini termasuk pasar yang standar SNI, semua lantai ada toilet dan mushola di bagi untuk perempuan dan laki laki, ada juga khusus disabilitas. Ini bisa menjadi pasar percontohan dengan jumlah 500 pedagang,” bebernya.

Khusus Pasar Kosambi, Panca menjelaskan, juga tengah dalam tahap penataan. Terutama untuk pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Saat ini sedang berlangsung penataan pasar. Para PKL yang di luar juga diharapkan bisa masuk. Sehingga di depan sudah bersih. Dishub (Dinas Perhubungan) dan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) siap mengamankan,” pungkasnya.

(arh/bbs)

Loading...

loading...

Feeds

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

DLH Keluhkan Anggaran Perawatan Kendaraan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang mengakui bahwa penanganan sampah di wilayah Subang tidak berjalan dengan optimal …