Tingkatkan Kepuasan Peserta JKN-KIS Melalui WTA

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Demi menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan secara rutin menggelar kegiatan WTA (Walk Through Audit). WTA merupakan alat bantu untuk melakukan evaluasi terhadap layanan fasilitas kesehatan dalam hal meningkatkan indeks kepuasan peserta. Pelaksanaan WTA dilakukan di seluruh Fasilitas Kesehatan selama satu tahun. WTA tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan, dimana mutu pelayanan menjadi salah satu indikator tingkat kepuasan peserta JKN-KIS.


“Setiap minggu kami melakukan WTA (Walk Trough Audit) atau survey kepuasan peserta JKN-KIS terhadap pelayanan yg telah didapatkan di Rumah Sakit,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Devi Afni, Kamis (23/01/2020) setelah mendampingi pelaksanaan WTA di RS Mitra Anugerah Lestari Kota Cimahi.

Devi menambahkan jika pihaknya juga melakukan customer visit terhadap pasien di Rumah Sakit. Customer visit tersebut dilakukan agar BPJS Kesehatan mampu mendapatkan data-data yang lebih akurat guna meningkatkan pelayanan kepada peserta.

“Hasil WTA dan customer visit setiap minggu kami feedback langsung kepada manajemen RS. Jika dalam hasil survey ada keluhan ataupun masukan dari peserta JKN-KIS, maka melalui feedback tersebut kami sampaikan kepada manajemen RS untuk segera menindaklanjuti keluhan dan masukan tersebut,” tambahnya.

Devi mengatakan bahwa FKRTL yang akan dikunjungi secara bergantian oleh petugas pelaksana WTA berjumlah 14 RS yang tersebar di 2 wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi yaitu Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

“Pada saat dilakukan customer visit, kami petugas BPJS Kesehatan juga sekaligus memberikan informasi langsung ke peserta JKN-KIS dan keluarganya tentang informasi seputar pelayanan BPJS Kesehatan. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi terkait pelayanan kesehatan kepada petugas rumah sakit,” ujar Devi.

Salah satu peserta yang ditemui saat melakukan WTA, Khumairoh menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan ini, agar peserta JKN-KIS merasa puas dan juga fasilitas kesehatan sebagai pemberi layanan kesehatan pun semakin bagus.

“Dari hasil WTA ini kami berharap ada peningkatan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh RS kepada peserta JKN-KIS, sehingga kedepannya RS bisa terus menerapkan pelayanan memuaskan kepada peserta, dan ini tentu saja akan berdampak besar terhadap keberlangsungan program JKN-KIS,” ujar Khumairoh.

Dengan adanya WTA tersebut, BPJS Kesehatan akan mengetahui apa saja yang menjadi kendala fasilitas kesehatan atau apa saja yang di rasakan oleh peserta saat berobat. Hasil WTA tersebut akan menjadi bahan sebagai umpan balik BPJS Kesehatan kepada fasilitas kesehatan agar memperbaiki tingkat pelayanan. Mendengar langsung kesan pesan serta keluhan peserta JKN-KIS pasti akan menimbulkan efek yang berbeda terhadap duta BPJS Kesehatan. Dengan adanya hal seperti itu dapat meningkatkan produktivitas kinerja serta meningkatkan pelayanan baik dari internal maupun provider mitra BPJS Kesehatan.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds