‘Menteri’ Sunda Empire Diperiksa Polda Jabar

Polda Periksa Bos Sunda Empire

Polda Periksa Bos Sunda Empire

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Polisi memeriksa empat orang yang tergabung dalam kelompok Sunda Empire-Earth Empire. Dua di antaranya adalah Minister Sunda Empire atau sekelas perdana menteri, Nasri Banks, serta seorang Staf Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.


Kabid Humas Polda Jabar,  Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso menerangkan, pemeriksaan terhadap mereka dilakukan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Senin (20/1/2020).

“Sudah diambil keterangan, ada empat orang. Berinisial NB sebagai perdana menteri dan anggotanya berinisial A, serta ada dari staf UPI,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso di Mapolda Jabar, Selasa (21/2/2020).

Menurut Erlangga, pemeriksaan tersebut berkaitan dengan viral di media sosial beberapa waktu lalu terkait keberadaan Sunda Empire. Sejauh ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. Hasil dari pemeriksaan penyidik untuk selanjutkan akan didalami dan dikembangkan. “Kami masih terus berproses. Penyidik masih mendalami keterangannya,” kata Erlangga.

Sebelumnya, Sunda Empire-Earth Empire menghebohkan dengan pernyataan-pernyataannya yang kotroversial. Mereka, misalnya, mendaku diri sebagai kelompok yang akan menjadi mercusuar dunia. Dengan yakin, mereka mengaku sebagai bakal imperium yang akan menjadi pusat pemerintahan dunia. Ramalan tentang keruntuhan dunia di Agustus 2020 ini pun tak kalah menghebohkan.

Keberadaan Sunda-Empire pun sempat dikait-kaitkan dengan UPI. Alasannya, beberapa kegiatan kelompok tersebut berlangsung di wilayah kampus UPI, seperti di Gedung Isola.

Kepala Seksi Hubungan Kelembagaan UPI, Yana Setiawan, membenarkan bahwa Sunda Empire pernah menyewaGedung Isola. Namun, Yana menegaskan bahwa pihak UPI tidak memiliki kaitan dengan segala aktivitas Sunda-Empire.

“Izin mereka meminjam Balai Pertemuan untuk halal bihalal. Atas nama Panitia Pembangunan Kota Bandung. Tentang kegiatannya kami tidak tahu. Baik dosen, mahasiswa dipastikan tidak terkait Sunda-Empire. Tidak ada kegiatan civitas akademika pada Sunda Empire,” ujar Yana saat jumpa pers di UPI, Jumat (17/1/2020) lalu.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku saat ini sedang diteliti pihak kepolisian.  ”Ya lagi ditangani Polda Jabar. Fenomena ini menunjukkan banyak orang stres ya di republik ini. Menciptakan ilusi-ilusi yang seringkali romantisme sejarah ini ternyata ada orang yang percaya juga jadi pengikutnya,” ujar Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil, Jumat (17/1/2020).

Menurut Emil, gerak cepat Polda Jabar tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. ”Sebelum ini menimbulkan keresahan, tadi malam Pak Kapolda sudah melaporkan sedang melakukan penelitian, kalau ada aspek pidana maka akan kita tindak,” tutur Emil.

Disinggung imbauan untuk warga Jabar, Emil berpesan agar tetap teguh memegang NKRI dan mencerna sesuatu dengan logika yang masuk akal.

”Warga Jabar harus fokus dengan menggunakan rasio dalam berkehidupan. Gunakan aturan perundang-undangan. Jangan percaya terhadap hal hal yang tidak masuk ke dalam logika akal sehat,” pungkas Emil.

(cr4)

Loading...

loading...

Feeds

XL Axiata Perpanjang Gratis Akses 2GB/hari

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan program gratis 2GB/hari sesuai dengan keputusan pemerintah yang memperpanjang tanggap darurat guna menghindari …