Pulau Enggano yang Tersembunyi di Bengkulu Memiliki 10 Destinasi Wisata

POJOKBANDUNG.com – Bengkulu merupakan kota yang dikenal dengan sebutan bumi raflesia dan Pulau Enggano. Pulau terluar di Indonesia ini terletak di Samudera Hindia dan terletak di Bengkulu Utara.


Di pulau tersebut, wisatawan dapat menjumpai berbagai wisata seperti gua, pantai, danau dan satwa yang sangat khas yaitu Burung Kekek dan Anis Enggano.

Untuk dapat menikmati keindahan alam di pulau ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan selama 12 jam. Kendala yang dihadapi untuk ke pulau ini salah satunya adalah badai yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Jika badai datang, pulau tersebut kerap terisolasi dengan rentang waktu yang cukup lama.

Sementara salah satu primadona transportasi untuk menuju ke pulau ini yaitu kapal Perintis. Tarifnya pun sangat murah untuk sampai ke Enggano hanya 15 ribu rupiah.

Selain kapal Perintis terdapat kapal Feri yang dapat dipilih untuk menuju Enggano. Namun jika cuaca buruk datang, kapal Feri tidak bisa menembus ombak tinggi.

Pilihan lainnya hanya menggunakan kapal Perintis dengan ukuran kecil. Sulitnya akses menuju ke pulau tersebut, membuat pulau ini masih sangat terjaga alamnya.

Wisatawan yang ingin menginap di sana bisa menyewa homestay milik warga yang dibandrol 100 ribu per malamnya.

Pulau Enggano memiliki 10 destinasi wisata yang bisa dipilih oleh wisatawan seperti Batu Lubang Pantai Komang, Tebing Pakiu, Danau Bak Blau, Padang Lamun di Perairan Kaana dan Pelabuhan Kahyapu, Pantai Telapak Kaki Batu Layar, Taman Burung Gunung Nanua’a, Cagar Alam Teluk Klowe, Goa Koarst Pulau Enggano, Pantai Ujung Batu, Surfing dan Campin di Kahyapu.

Imbauan kepada wisatawan di sana untuk berhati-hati, karena masih banyaknya buaya yang berkeliaran di sekitar muara.

Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui Pulau Enggano ini merupakan pulau tersembunyi di bumi Raflesia, namun bisa menjadi pilihan destinasi baru. Akses yang sulit akan terbayarkan dengan pemandangan wisata yang menakjubkan.

 

Muhammad Fathan, Mahasiswa Universitas Binus Jakarta

Loading...

loading...

Feeds

Keberadaan Komplotan Pelecehan Seksual Hoaks

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kepolisian Resort Subang menyatakan keberadaan komplotan bertopeng hoaks adanya. Pernyataan itu merupakan hasil dari penyelidikan. Dikabarkan sebelumnya, …

Jokowi Bela Prabowo Super Maksimal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Prabowo yang sejak menjabat banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Menurut Jokowi, langkah Menteri Pertahanan …

Sampah Organik yang Masih Mendominasi

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Sedikitnya 50 persen dari 81. 279 ton sampah yang dibuang masyarakat Kota Cimahi, ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah …

Warga Kabupaten Bandung Barat Berduka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) berduka. Seorang tokoh pemekaran KBB, H. Endang Anwar meninggal dunia. H.Endang …