Waduh! Mobil Formula 1 Ditilang Polisi Garut, Ini Penyebabnya

POJOKBANDUNG.com, GARUT – Mobil Formula 1 unjuk gigi melintasi Garut, Jawa Barat. Namun kemunculannya tersebut malah mengundang masalah hukum, lantaran polisi menilangnya.


Penilangan bukan tanpa alasan, karena mobil Formula itu tidak asli alias kendaraan modifikasi. Kendaraan itu berbentuk seperti mobil Formula 1.

Polisi menilang mobil Formula 1 atau F1 KW. Foto-fotonya viral di media sosial.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha membenarkan hal itu. Saat ini mobil F1 yang ditilang dikandangkan polisi.

Memang betul kami telah menindak kendaraan yang tidak laik jalan tersebut,” ujar Asep saat dikonfirmasi, Selasa (7/1/2019).

Foto-foto mobil F1 ditilang polisi di Garut itu seketika menjadi perbincangan setelah akun @satlantaspolresgarut mengunggahnya Selasa pagi ini. Mobil F1 ditilang polisi ini pun jadi viral.

Seperti dilihat dalam unggahan @satlantaspolresgarut, terlihat seorang polisi tengah berada di samping mobil F1 itu. Mobil F1 tersebut berwarna merah dan kuning. Di belakangnya terdapat bendera merah-putih.

“Penindakan Pelanggaran Terhadap Kendaraan yang tidak layak,” tulis admin akun tersebut dalam kolom keterangan foto.

Foto tersebut dikomentari puluhan orang hingga siang ini. Menurut keterangan yang dihimpun, mobil F1 saat ini disita di kantor polisi.

“Mungkin masih rekanan dengan Menggunakan Schumacher….,” begitu kalimat penutup unggahan tersebut.

Berkeliaran Saat Malam Tahun Baru

Mobil F1 KW itu ditahan polisi dan saat ini berada di tempat penyimpanan barang bukti tilang Satlantas Polres Garut. Menurut Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha, mobil F1 itu ditilang polisi Selasa (31/12/2019) lalu.

“Jadi saat malam pergantian tahun, kami melihat ada kendaraan ini sedang berkeliling di kawasan kota tepatnya di Bundaran Suci, Jalan Sudirman,” ujar Asep.

Petugas yang curiga langsung menghampiri dan memberhentikan kendaraan tersebut. Saat itu, polisi langsung memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Ada penumpangnya dua orang. Saat diperiksa, kendaraan tidak dilengkapi STNK dan bukti kepemilikan lain,” katanya.

Polisi langsung menilang mobil mirip F1 tersebut. Saat ini mobil itu berada di gudang barang bukti tilang Polres Garut. “Hingga saat ini pemilik belum datang ke sini,” pungkas Asep.

Dari tampilannya, kendaraan ini mirip Vespa jadul atau gembel yang dimodifikasi mirip Formula 1.

Ternyata Cuma Motor Vespa

Mobil berwarna merah dan kuning itu terbuat dari rangkaian besi. Di bagian belakang mobil F1 KW itu dipasang bendera merah-putih.

Tangki bensin mobil F1 KW itu berada di luar bagian mobil. Bensin berada di sebuah kompan dan tersambung ke mesin dengan sebuah selang. Setelah ditelusuri polisi, ternyata mobil tersebut terbuat dari mesin sebuah motor Vespa.

“Ini mesinnya motor Vespa namun dimodifikasi sedemikian rupa menjadi menyerupai mobil Formula 1,” ujar Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha.

Di bagian belakang mobil itu terdapat tulisan ‘kejarlah cita-citamu setinggi langit’. Kalimat itu ditulis tangan menggunakan spidol.

(apt/dtk)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …