Sempat Terhenti, Jemaah Umrah dan Haji Bisa Terbang Melalui BIJB

POJOKBANDUNG.com, – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai embarkasi atau demarkasi Haji 2020. Dengan demikian, pelayanan jamaah bisa kembali hadir di bandara tersebut setelah dua tahun terhenti.


Salah satu maskapai yang melayani penerbangan jemaah haji dan umrah adalah Citilink. Penerbangan perdana dilakukan pada Rabu (8/1) dengan menggandeng sejumlah pihak, yakni BNI Syariah bekerjasama dengan BIJB Kertajati, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Angkasa Pura 2 dan Kanomas Tour & Travel.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan keputusan korporasi membuka penerbangan umroh dengan rute Kertajati-Jeddah ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Kementerian Perhubungan.

Dalam penerbangan perdana tersebut Citilink menerbangkan sekitar 108 jamaah umroh dengan jadwal take off pada pukul 09.30 WIB. Selain melakukan inagurasi penerbangan umroh, acara tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran program Umroh Berkah Hasanah.

Direktur Utama BIJB Salahudin Rafi mengatakan penerbangan umroh perdana oleh Citilink ini mengaktifikan kembali rute umroh yang sebelumnya sempat terhenti. Kepercayaan Citilink menurutnya menunjukan kesiapan bandara tersebut melayani penerbangan internasional.

“Kami siap melayani penerbangan haji 2020, kami juga sudah siap dengan penerbangan umroh, inagurasi penerbangan umroh perdana Citilink ini bukti kesiapan kita menggelar penerbangan internasional. Haji, umroh, dan penerbangan internasional kita sudah siap,” kata Salahudin Rafi.

Sebelumnya, penyerahan SK Penetapan BIJB sebagai embarkasi atau demarkasi Haji tahun 2020 dilakukan langsung oleh Menteri Agama, Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum di Bandara BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, Selasa (7/1/2020)

Data dari Kemenag, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

Fachrul menilai BIJB Kertajati sudah siap melayani jamaah haji asal Jabar tahun 2020. Namun, ia mengingatkan penentuan akhir setelah survei yang dilakukan pihak GACA Arab Saudi.

“Alhamdulillah hari ini kita putuskan bersama kalau BIJB akan kita gunakan sebagai lapangan Embarkasi/Debarkasi Haji 2020,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Uu Ruzhanul Ulum mengaku sudah menginstruksikan kepada kepala Kemenag tingkat Kabupaten Kota melakukan sosialisasi dan mengarahkan jamaah untuk pergi haji serta umrah melalui BIJB.

Berkaitan asrama haji, Pemerintah Provinsi Jabar bersama Kementerian Agama RI sepakat membangunnya di Kabupaten Indramayu. Target proyek selesai pada tahun 2021. Sebelum itu rampung dibangun, mereka masih memanfaatkan asmara haji di Bekasi.

“Asrama haji sudah diputuskan di Indramayu, untuk pemerataan (pembangunan) Jawa Barat. Tahun ini sedang dibangun,” pungkasnya.

(cr4)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …