Banjir Susulan di KBB Belum Berakhir, Puncak Hujan Hingga Februari

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menerapkan status tanggap darurat dalam satu pekan ke depan pertanggal 1 Januari 2020. Hal tersebut kemungkinan saja diperpanjang jika kondisi daerah terdampak bencana  banjir bandang belum pulih seratus persen.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah berkonsentrasi memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terdampak bencana. Pasal, jumlah pengungsi di tiga titik yakni Desa Mekarsari, Cipeundeuy dan Margajaya terbilang cukup banyak.
“Kita penuhi dulu kebutuhan air bersih, pakaian dan peralatan penunjang di pengungsian. Selain itu, kita juga fokus terhadap pembersihan material banjir seperti lumpur dan lainnya,”ujar Duddy saat ditemui di lokasi banjir Underpass Padalarang, Kamis (2/1/2020).
Dalam menanggulangi bencana kali ini, kata Duddy, BPBD KBB juga dibantu oleh para relawan dan masyarakat. Sementara itu, pihaknya juga menerjunkan seluruh personilnya yang dibagi ke semua titik bencana banjir bandang.
“Selain itu juga, kita mengimbau agar masyarakat berwaspada terhadap banjir susulan karena puncak musim hujan diperkirakan hingga bulan Februari,”katanya.
Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, Pemkab Bandung Barat memastikan persediaan logistik bagi pengungsi korban bencana aman. Pihaknya telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengandians terkait membahas tentang penanganan pasca bencana.
“Dari pelayanan kesehatan pun kita prioritaskan  agar masyarakat tidak sakit,”katanya.
Disinggung waktu penyelesaian penggulangan bencana, Umbara menegaskan penanganan harus selesai secepatnya. Pasalnya, dikhawatirkan bencana susulan akan terjadi jika hujan tiba dalam waktu dekat.
“Harus cepat selesai,untuk kompensasi bagi warga terdampak yang ada di underpass ini akan kita komunikasikan terlebih dahulu dengan pihak KCIC,”tegasnya.
(cr3)


Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …