Teror Ular Masuk Permukiman Warga Kabupaten Bandung, Ini Lokasinya

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sejumlah ular sudah tidak betah disarangnya hingga memasuki kawasan permukiman di Kabupaten Bandung. Ular tak berbisa hingga ular kobra mulai meneror warga dengan menampak diri dalam rumah dan pekerangan rumah.


Seperti  satu anakan ular kobra meneror warga Komplek Putraco, Desa Jagabaya, Kecamatan Cimaung Kab. Bandung pada Minggu (29/12). Gerombolan ular weling berkeliaran di pekarangan beberapa rumah warga Komplek Soreang Indah, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Kamis (20/12/2019).

Sementara itu, pada Jumat (27/12), dua ekor ular weling dan satu anakan ular kobra meneror warga Rencong, Baleendah dan di kawasan industri Sapan, Bojongsoang. Ular weling masuk ke rumah warga dan ular kobra masuk ke gedung pabrik.
Kejadian pertama, satu ekor anakan ular kobra memasuki halaman rumah warga Komplek Putraco, Desa Jagabaya, Kecamatan Cimaung.

”Waktu itu saya sedang mencuci mobil, tiba-tiba tetangga saya memberitahu ada ular kobra yang merayap di halaman rumahnya. Sontak saja saya membawaranting untuk mengamankan anak ular kobra tersebut,” ujar tetangga korban, Abah Acek Sudrajat, Senin (30/12).

”Semoga pemerintah Kabupaten Bandung bisa menindaklanjuti kejadian ini,” sambung Abah Acek yang juga Sekretaris RW 13 ini.

Sementara, kejadian ular weling, masuk ke rumah warga Rencong, Baleendah. “Kejadian di Rencong Baleendaah,” kata Dian.
Sementara, kejadian ular kobra masuk pabrik, terjadi di Kawasan Industri Sapan, Kecamatan Bojongsoang. “Satu ekor anak ular kobra masuk pabrik. Kejadian di Sapan, ini baru kejadian yang pertama kali,” kata Hadian.

Terakhir, ular weling masuk rumah warga di Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Ular tersebut berhasil dievakuasi Damkar Kabupaten Bandung.

“Ular weling, berhasil kami evakuasi dengan di masukan ke dalam botol. Nantinya ular ini akan kami lepasliarkan kembali,” kata Petugas Damkar Kabupaten Bandung Bima.

Sementara itu, Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung kekurangan personil utamanya dalam menanggulangi teror ular yang memasuki pemukiman masyarakat Kabupaten Bandung.

Kasie Evakuasi dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, Miftahussalam, mengungkapkan bahwa Disdamkar Kabupaten Bandung dalam bidang penyelamatan hanya memiliki delapan personil.

”Personil tersebut ditugaskan untuk 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung. Jadi jika ada masyarakat yang laporan, ya silakan saja tetapi kemungkinan tidak terlayani semua karena dibatasi oleh waktu dan personil,” ujar Miftah, Senin (30/12).

“Kita memiliki pos-pos yang tersebar di Wilayah Kabupaten Bandung yaitu Pos Soreang, Pangalengan, Cicalengka, Cileunyi, Ciparay dan yang lainnya. Tetapi yang ada di pos itu personil pemadam kebakaran jadi kami hanya meminta bantuan mereka saja,” ungkap Miftah.

Walaupun begitu, tambah Miftah, dalam menangani suatu peristiwa misalnya ular masuk pemukimam, Disdamkar Kabupaten Bandung sudah memiliki peralatan yang cukup memadai “Selama tahun 2019 ini, kami sering menangani kasus ular sanca,” tambah Miftah.

Terakhir, Miftah berharap masyarakat untuk menjaga kebersihan di gorong-gorong, tempat sampah dan got, karena hewan-hewan reptil seperti ular sangat menyukai tempat-tempat seperti itu.

“Karena ini musim hujan biasanya kan hewan hewan repti yang berbahaya naik keatas rumah, sehingga Pengamananya adalah pintu selalu tertutup karena ular bisa mrngecil sehingga dapat masuk ke kolong-kolong kecil di pintu. Kemudian dari lorong-lorong pembuangan di kamer mandi itu juga diusahakan pakai kawat,” pungkas Miftah.

(cr1)

 

Teror Kobra di Jabar Selama Desember 2019

*Kab.Bandung
– Minggu (29/12), satu anakan ular kobra meneror warga Komplek Putraco, Desa Jagabaya, Kecamatan Cimaung Kab Bandung

– Kamis (20/12/2019), Gerombolan ular weling berkeliaran di pekarangan beberapa rumah warga Komplek Soreang Indah, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang.
– Jumat (27/12), dua ekor ular weling dan satu anakan ular kobra meneror warga Rencong, Sapan dan Margahayu, Kab Bandung.

*Kab.Cianjur
– Jumat (20/12), seekor ular kobra dengan ukuran lumayan besar di pekarangan rumah warga di Kampung Pasir Loa.
– Jumat (20/12), warga Kampung Kandang Sapi, Eneng menemukan lima ekor anak ular kobra
*Depok
– Kamis (26/12), seekor ular kobra ditemukan di pelataran kediaman warga di Depok
*Tasikmalaya
– Senin (16/12), warga menemukan 10 ekor anak ular kobra di Perumahan Tata Lestari, Desa Cikadongdong, Kab Tasikmalaya
*Ciamis
-Ular kobra muncul di kompleks perkantoran Kertasari Ciamis
*Bekasi
– Damkar mengklaim sudah mengevakuasi 45 ular kobra dalam kurun waktu 16 hari sepanjang Desember 2019
*Purwakarta
– Damkar Kab Purwakarta sudah empat kali melakukan evakuasi terkait temuan ular kobra
– Terakhir, Sabtu (14/12), petugas Damkar mengevakuasi ular kobra di Gang Lodaya RT 06 RW 01 Kampung Baru, Kec Purwakarta.

Diolah dari Berbagai Sumber

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …