BPJS SATU, Si Rompi Kuning yang Ramah, Tanggap, dan Informatif

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI –BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Berbagai inovasi terus dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu fokus utama BPJS Kesehatan adalah meningkatkan kepuasan peserta. Berdasarkan fokus tersebut, BPJS Kesehatan pun selalu menghadirkan inovasi baru seperti program BPJS SATU yang baru-baru ini diluncurkan. Dimana petugas BPJS Kesehatan siap membantu peserta JKN – KIS di rumah sakit.


BPJS SATU adalah optimalisasi petugas P3 (Penanganan Pengaduan Peserta) BPJS Kesehatan di rumah sakit melalui pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pegelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit. Untuk memudahkan peserta program JKN-KIS mengenali Petugas BPJS SATU, selain diberikan identitas mencolok berupa rompi berwarna kuning dan bertuliskan BPJS SATU, dilakukan pula pemasangan poster yang berisi informasi nama petugas, foto dan nomor handphone pada titik-titik yang umumnya sering dilewati dan dikunjungi oleh peserta di rumah sakit seperti ruang pendaftaran, ruang tunggu poliklinik, ruang tunggu apotek, ruang pendaftaran pasien rawat inap, dan Unit Gawat Darurat.

“BPJS SATU akan rutin mengunjungi dan melakukan costumer visit ke peserta JKN – KIS yang sedang rawat inap maupun rawat jalan di Rumah Sakit. Kami datang dalam rangka menampung pengaduan serta memfasilitasi antara peserta JKN – KIS dengan Rumah Sakit sehingga tidak ada kesalahpahaman terutama informasi terkait JKN – KIS,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sugeng Susilo.

Sugeng menambahkan dengan diterapkannya BPJS SATU ini, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan saat mengalami kendala pelayanan di Rumah Sakit. Karena informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh melalui petugas BPJS SATU dan diselesaikan di rumah sakit saat itu juga oleh BPJS SATU.

Salah satu peserta JKN-KIS yang sedang berkunjung ke RS Mitra Kasih Cimahi, Mutmainah (40) mengaku sangat terbantu dengan adanya kunjungan dari Petugas BPJS SATU. Ia mengaku dapat lebih leluasa mendapatkan informasi terkait Program JKN-KIS khususnya terkait beberapa prosedur yang masih belum ia pahami.

“Program BPJS SATU ini menurut saya sangat bagus dan informatif ya. Jadi kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi langsung dari petugas BPJS Kesehatan dan tidak perlu merasa kebingungan jika ada hal-hal terkait pelayanan sebegai peserta JKN-KIS yang ingin kita tanyakan di rumah sakit,” ujarnya.

(rls)

Loading...

loading...

Feeds