Jangan Lagi Berorientasi Bisnis, Bulog Diminta Fokus Jaga Stok Pangan

Bulog diusulkan fokus dalam memastikan ketersediaan pangan. Lembaga ini jangan lagi berorientasi pada bisnis yang justru malah bisa menimbulkan masalah.


Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi harus berubah kelembagaannya menjadi bagian logistik negara atau semacam badan ketahanan atau ketersediaan pangan nasional.

“Bulog jangan lagi berorientasi bisnis. Lebih baik fokus memastikan segala kebutuhan pokok seperti beras atau daging aman dan terpenuhi untuk konsumsi masyarakat, jangan mengejar keuntungan,” kata dia, Jumat (28/12/2019).

Urusan bisnis ia nilai sangat berpengaruh pada beban kerja. Apalagi, Bulog ini memilik tugas mengontrol 2,3 juta ton beras medium agar bisa keluar dari gudang agar tidak menumpuk, lalu, beras premium yang diserap dari petani.

Untuk jangka pendek, Dedi mengusulkan agar Bulog membuat program penjualan beras premium kepada ASN/PNS, TNI dan Polri. Salah satu pola penjualan dan distribusinya bisa secara online.

Hal ini bisa memutus anggapan bahwa beras Bulog berkualitas rendah.  Padahal, berdasarkan peninjauannya, ada pula beras dengan kualitas  premium lebih terjamin.

“Nanti bisa kolaborasi juga dengan transportasi online untuk antar ke rumah-rumah,” ucapnya.

Lebih lanjut, berdasarkan peninjauan Gudang Bulog Karawang, ia memastikan bahwa stok beras di wilayah Purwakarta, Karawang, Bekasi dan secara umum Jawa Barat sudah cukup.

“Kalau stok cukup, sekarang  yang harus dipikirkan itu serapan beras hasil panen petani,” terang dia.

Di tempat yang sama, Kepala Bulog Karawang Rusli mengatakan, stok beras di 10 kompleks pergudangan dipastikan aman. Dari kapasitas keseluruhan gudang 140 ribu ton, kini masih ada sisa 58 ribu ton beras.

“Stok kita aman di angka 58 ribuan ton. Memang kemarin cukup banyak (menumpuk), sekarang sudah dijual dan berkurang,” ucap Rusli. (Cr1)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …