Jalur di Daerah Nagreg Rawan Kecelakaan


MACET: Sejumlah kendaraan terjebak macet di kawasan Nagreg, Kabupaten Garut.

MACET: Sejumlah kendaraan terjebak macet di kawasan Nagreg, Kabupaten Garut.

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, jalur tengah Jawa Barat (Jabar) memiliki kerawanan lantaran jalannya banyak berupa tanjakan dan turunan, serta tikungan tajam.


Ia menyebutkan, terdapat beberapa titik rawan di jalur tengah Jabar. Titik itu di antaranya berada di Nagreg, Malangbong, hingga Gentog. Ia mengingatkan semua pihak berupaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

“Pertama saya mohon kerja sama semua pihak. Setiap mobil yang akan berangkat dilakukan ram check (pengecekan kelaikan kendaraan),” kata dia, saat meninjau Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya, kemarin.

Dia menjelaskan, Direktorat Pehubungan Darat Kemenhub bertanggung jawab menggerakkan anggotanya melakukan ram check di terminal. Sementara di pool bus, operator bus diimbau juga harus ram check.

“Pengecekan kendaraan dilakukan untuk memastikan kendaraan dalam keadaan baik saat beroperasi,” terangnya.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto mengatakan, sejumlah anggotanya juga sudah ditempatkan di terminal dan stasiun selama musim liburan tahun baru. Mereka membantu mengecek kesiapan pengemudi dan kendaraan, bersama instansi terkait.

Kendati demikian, menurut dia, permasalahan utama jalur tengah Jabar, khususnya Jalur Gentong, adalah banyaknya kendaraan angkutan barang yang melintas. Ia menilai, banyak kendaraan yang tak kuat menanjak dan akhirnya menghambat lalu lintas.

“Karena kita tahu kalau di Gentong itu tanjakannya sampai lima kilometer. Kalau angkutan kelebihan muatan itu akan berbahaya. Yang tidak kelebihan muatan saja akan sulit menanjak, dan membuat lalu lintas tersendat,” pungkasnya.

(arh/bbs)

Loading...

loading...

Feeds