Ikan Vampir Berkeliaran di Amazon, Giginya Panjang dan Tampangnya Menyeramkan

POJOKBANDUNG.com – Hutan Amazon menyimpan banyak misteri yang belum diketahui. Salah satunya ikan Vampir dengan gigi tajam dan menyeramkan. Ini fakta-faktanya:


Hutan hujan tropis Amazon menyimpan misteri yang belum semuanya terungkap, termasuk para satwa yang jadi penghuninya. Salah satunya ikan Vampir yang punya tampang menyeramkan.

Dihimpun dari beberapa sumber, Selasa (24/12/2019), berikut beberapa fakta menarik mengenai ikan Vampir yang memiliki nama ilmiah Hydrolycus scomberoides ini:

1. Punya gigi yang super tajam

Ikan vampir diketahui punya gigi taring yang super tajam. Ukurannya juga lumayan panjang. Gigi taring ini bisa tumbuh mencapai sekitar 10-15 cm.

Gigi super tajam ini menghiasi bagian rahang atas dan rahang bawah ikan dengan nama lokal Payara ini. Biasanya, ikan Payara yang baru lahir bagian rahangnya bolong-bolong, supaya giginya punya ruang untuk tumbuh maksimal.

2. Bisa tumbuh sampai 15 Kg

Ikan Vampir bisa tumbuh hingga berukuran panjang 1 meter di alam. Sementara berat badannya bisa mencapai 4,5-10 kilogram. Yang paling berat pernah dicatat, mencapai 20 kilogram.

Kalau di penangkaran, ikan Vampir tidak bisa tumbuh sebesar di alam bebas. Di penangkaran, ikan Vampir hanya bisa tumbuh dengan panjang maksimal 30 cm. Sedangkan beratnya paling mencapai 2-4 kilogram saja.

3. Ikan yang agresif & temperamental

Sesuai dengan penampakannya yang seram, ikan Vampir dikenal agresif di kalangan keluarga ikan air tawar yang hidup di Amazon. Mereka dikenal sebagai pemburu yang sangat kejam dan juga temperamental.

Ikan Vampir tidak pernah suka bila diletakkan di dalam akuarium bersama dengan ikan jenis lainnya. Mereka akan menyerang, bahkan membunuh spesies lain yang ada di satu akuarium dengan mereka.

4. Bisa memakan piranha

Ikan Vampir sangat agresif, ikan piranha saja kalah. Ikan Vampir bisa memangsa piranha dengan mudah. Giginya yang sangat tajam akan dengan mudah mencabik bahkan meremukkan kepala piranha.

Ikan Vampir memang sering memangsa ikan lain. Tapi terkadang mereka juga makan spesies lain yang lebih kecil seperti udang. Bisa dibilang, ikan Vampir adalah super predator yang membuat ikan ganas seperti Piranha lari ketakutan.

Ikan Vampir: Punya Tampang Seram, Giginya Runcing dan PanjangIkan vampir amazon. (Foto: iStock)

5. Tidak menyerang manusia

Meski agresif dan temperamental, tapi belum ada catatan kasus ikan Vampir menyerang dan membunuh manusia. Ikan Vampir hanya akan menyerang untuk mempertahankan diri.

Ada banyak orang yang memancing ikan Vampir di pedalaman Amazon dan mengalami luka-luka akibat digigit oleh ikan ini. Tapi hanya sebatas luka ringan saja, tidak sampai meninggal.

6. Perenang yang andal

Ikan Vampir hidup di perairan Amazon yang berarus deras, kencang dan berbahaya. Bisa dipastikan, ikan Vampir memiliki kemampuan berenang yang sangat baik. Mereka juga dikenal memiliki kemampuan navigasi yang sangat baik.

Sirip ekor mereka yang berukuran cukup besar memungkinkan ikan ini untuk berenang dan mengubah arah dengan cepat. Sangat cocok untuk mengejar dan berburu mangsa ikan lainnya.

(dtk)

 

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …