Menjaga Lingkungan Bergantung Komitmen Masyarakat

PENGHARGAAN : Bupati Bandung , Dadang M Naser, saat memberikan penghargaan pada penggiat lingkungan saat acara Jambore Lingkungan II Tahun 2019 di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.
(FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

PENGHARGAAN : Bupati Bandung , Dadang M Naser, saat memberikan penghargaan pada penggiat lingkungan saat acara Jambore Lingkungan II Tahun 2019 di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung. (FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com,SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung menerbitkan instruksi untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Hanya saja, semua itu bisa terealisasi bergantung pada komitmen masyarakat.


Ada sejumlah instruksi mengenai pembenahan lingkungan. Di antaranya, instruksi Bupati No. 1 Tahun 2018 tentang Sinergi Pembangunan Perdesaan di Kabupaten Bandung; Instruksi Bupati No. 2 Tahun 2018 tentang Konservasi Sumber Daya Air, dan Pengelolaan Sampah Organik Melalui Pembuatan Lubang Cerdas Organik (LCO).

Kemudian, Instruksi Bupati No. 3 Tahun 2018 tentang Konservasi Berbasis Ibadah dan Kesejahteraan Melalui Gerakan Satapok (Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan); dan Instruksi Bupati No. 4 Tahun 2018 tentang Gerakan Sabilulungan Pengurangan Penggunaan Plastik di Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung, Dadang Naser mengatakan bahwa penanganan soal lingkungan tidak bisa mengandalkan pembangunan infrastruktur. Harus ada perubahan pola pikir dari masyarakat.

“Kita semua merupakan sumber sampah, sumber masalah dan juga merupakan sumber solusi bagi lingkungan,” ucap Dadang di sela-sela acara Jambore Lingkungan di Gedong Budaya Sabilulungan (GBS).

Silaturahmi Pegiat Lingkungan

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bandung menggelar acara bertakjub Jambore Lingkungan II Tahun 2019, yang mengangkat tema Aku dan Lingkungan. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.

Dadang mengungkapkan bahwa selain ajang apresiasi, acara jambore lingkungan juga menjadi media silaturahmi bagi para penggiat lingkungan di Kabupaten Bandung. Selain itu juga dijadikan sebagai ajang kampanye, edukasi serta sharing dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan.

Tak hanya itu, kata Dadang, pada kegiatan ini juga, pihaknya ingin menunjukkan kepada khalayak bahwa sudah banyak masyarakat atau stakeholder di Kabupaten Bandung yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Semoga kehadiran para pahlawan lingkungan ini bisa membawa energi positif serta menginspirasi masyarakat lainnya,” ungkap Dadang.

Pada perhelatan Jambore Lingkungan II Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bandung memberikan puluhan penghargaan kepada masyarakat yang berperan aktif dalam peningkatan kualitas lingkungan.

Sejumlah kategori ada dalam puluhan penghargaan itu. Antara lain, Tokoh Inspirator Lingkungan Tingkat Kecamatan, Sekolah Adiwiyata, Camat Inspirasi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Kampung Sabilulungan Bersih (Saber) Inspiratif, Program Kampung Iklim 2019, Kantor Bersih dan Hijau, Instansi/Lembaga Inspirasi Lingkungan.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …

Rizal Ramli Dinilai Bisa Selesaikan Multikrisis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia yang sedang mengalami multikrisis membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan kemauan dalam melakukan perubahan. Selain itu, …

Lembang Diterjang Banjir dan Longsor

POPJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Dua kejadian bencana banjir menerjang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/10). Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan. …