Kampung Hijau Campaka Membangun Partisipasi Warga dalam Lingkungan dan Kesehatan

Sugiarni, kader Posyandu Sartika I. Foto:Istimewa

Sugiarni, kader Posyandu Sartika I. Foto:Istimewa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  “Kami ingin terus membangun partisipasi aktif warga dalam memelihara lingkungan dan kesehatan.” Kalimat itu diucapkan oleh Koordinator  Kampung  Hijau Campaka, Iman Nur Komara, saat berbincang dengan pojokbandung.com, akhir pekan lalu.


Kampung  Hijau  Campaka sendiri dibentuk tahun 2016 yang difasilitasi oleh corporate social responSR PT Astra Daihatsu Cibeureum. Fungsi Kampung Hijau Cempaka adalah menyalurkan CSR dari PT Astra Daihatsu Cibereum tersebut  ke warga sekitar. Adalah warga RW 02 Kelurahan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung yang menjadi binaan Kampung Hijau Campaka, yakni warga yang tinggal di sekitaran Jalan Paledang Cibeureum.

Menurut Iman, partisipasi aktif warga dalam pemeliharaan lingkungan serta kesehatan ini menjadi hal penting. Tanpa partisipasi warga, semua program yang digagas sulit untuk direalisasikan.

Dari awal, partisipasi warga RW 02 Kelurahan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung dinilai Iman sangat positif. Warga mau diajak terlibat aktif dalam penghijauan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Lalu, warga  secara sukarela mau ikut dalam perbaikan saluran air untuk mencegah banjir di musim hujan seperti sekarang ini.

Kendati namanya Kampung Hijau Cempaka, yang diurusi tak melulu hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan. Menurut Iman, pihaknya juga terlibat dalam hal kesehatan. “Terutama pembinaan dalam pos pelayanan terpadu (Posyandu) kesehatan,” imbuh Iman.

Saat ini, lanjut  Iman, ada dua  Posyandu di RW 02 Kelurahaan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung yang mendapat pembinaan. Masing-masing adalah Posyandu Sartika I dan Sartika II yang tidak hanya dikhususkan kepada balita, tetapi juga diperuntukkan bagi para lanjut usia (lansia).

Loading...

loading...

Feeds

Keberadaan Komplotan Pelecehan Seksual Hoaks

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kepolisian Resort Subang menyatakan keberadaan komplotan bertopeng hoaks adanya. Pernyataan itu merupakan hasil dari penyelidikan. Dikabarkan sebelumnya, …

Jokowi Bela Prabowo Super Maksimal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Prabowo yang sejak menjabat banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Menurut Jokowi, langkah Menteri Pertahanan …

Sampah Organik yang Masih Mendominasi

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Sedikitnya 50 persen dari 81. 279 ton sampah yang dibuang masyarakat Kota Cimahi, ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah …

Warga Kabupaten Bandung Barat Berduka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) berduka. Seorang tokoh pemekaran KBB, H. Endang Anwar meninggal dunia. H.Endang …