Kampung Hijau Campaka Membangun Partisipasi Warga dalam Lingkungan dan Kesehatan

Sugiarni, kader Posyandu Sartika I. Foto:Istimewa

Sugiarni, kader Posyandu Sartika I. Foto:Istimewa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  “Kami ingin terus membangun partisipasi aktif warga dalam memelihara lingkungan dan kesehatan.” Kalimat itu diucapkan oleh Koordinator  Kampung  Hijau Campaka, Iman Nur Komara, saat berbincang dengan pojokbandung.com, akhir pekan lalu.


Kampung  Hijau  Campaka sendiri dibentuk tahun 2016 yang difasilitasi oleh corporate social responSR PT Astra Daihatsu Cibeureum. Fungsi Kampung Hijau Cempaka adalah menyalurkan CSR dari PT Astra Daihatsu Cibereum tersebut  ke warga sekitar. Adalah warga RW 02 Kelurahan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung yang menjadi binaan Kampung Hijau Campaka, yakni warga yang tinggal di sekitaran Jalan Paledang Cibeureum.

Menurut Iman, partisipasi aktif warga dalam pemeliharaan lingkungan serta kesehatan ini menjadi hal penting. Tanpa partisipasi warga, semua program yang digagas sulit untuk direalisasikan.

Dari awal, partisipasi warga RW 02 Kelurahan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung dinilai Iman sangat positif. Warga mau diajak terlibat aktif dalam penghijauan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Lalu, warga  secara sukarela mau ikut dalam perbaikan saluran air untuk mencegah banjir di musim hujan seperti sekarang ini.

Kendati namanya Kampung Hijau Cempaka, yang diurusi tak melulu hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan. Menurut Iman, pihaknya juga terlibat dalam hal kesehatan. “Terutama pembinaan dalam pos pelayanan terpadu (Posyandu) kesehatan,” imbuh Iman.

Saat ini, lanjut  Iman, ada dua  Posyandu di RW 02 Kelurahaan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung yang mendapat pembinaan. Masing-masing adalah Posyandu Sartika I dan Sartika II yang tidak hanya dikhususkan kepada balita, tetapi juga diperuntukkan bagi para lanjut usia (lansia).

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …