Praktis Urus Administrasi Kepesertaan, Berkat Aplikasi Mobile JKN

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan dalam pelaksanaannya terus berupaya mengikuti perkembangan zaman dan senantiasa terus meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan memperkuat layanan melalui kanal aplikasi Mobile JKN. Terobosan dari BPJS Kesehatan ini merupakan hal yang luar biasa, mengingat di era digital seperti ini segala sesuatu dapat dilakukan menggunakan teknologi telepon seluler sehingga mempermudah masyarakat dalam menerima informasi yang terpercaya khususnya terkait dengan Program JKN.


Aplikasi Mobile JKN dapat membantu mengurangi antrian bagi masyarakat yang akan mendaftar menjadi peserta JKN-KIS di kantor-kantor BPJS Kesehatan. Hanya dengan mengunduh di appstore atau playstore, semua peserta JKN-KIS kini semakin dimudahkan karena tidak perlu lagi untuk datang dan mengantri ke kantor untuk melakukan pengurusan administrasi kepesertaan.

Salah satu peserta yang puas telah menggunakan aplikasi ini adalah Dasep Setiawan (32), pria dari Cimahi ini berstatus peserta PPU kelas II yang didaftarkan menjadi peserta JKN dari kantor tempatnya bekerja. Saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Dasep yang tadinya ingin mengubah lokasi fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggalnya mengaku senang karena terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN yang baru diinstal di ponselnya.

“Tujuan saya ke sini sebenarnya awalnya untuk mengganti fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal saya karena mempermudah apabila butuh berobat. Ternyata setelah diberi info oleh pegawai BPJS Kesehatan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, saya tidak perlu lagi mengantri lama di sini hanya untuk mengubah fasilitas kesehatan yang saya inginkan, karena bisa langsung diubah melalui aplikasi ini,” ujar Dasep sambil menunjukan KIS digital yang berhasil diinstal di handphonenya.

Ia juga mengaku, KIS digital nantinya dapat membuat dirinya tak lagi khawatir jika kartu JKN-KIS miliknya tertinggal saat berobat ke fasilitas kesehatan. Tanpa harus membawa kartu fisik JKN-KIS, kini ia cukup menunjukkan KIS digital jika nanti hendak memperoleh pelayanan kesehatan.

“Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu dan benar-benar praktis. kita tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan pelayanan kesehatan. Kadang juga kita tidak ada persiapan dengan membawa semua identitas termasuk kartu JKN-KIS, tapi zaman sekarang ponsel adalah barang yang bisa dibilang selalu ada bersama kita. Jadi kalau tiba-tiba membutuhkan pelayanan, cukup menggunakan KIS digital dan ditunjukkan dari ponsel, kita sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Dasep.

Sampai saat ini BPJS Kesehatan terus memperkenalkan aplikasi ini dengan berbagai fitur, di antaranya adalah KIS digital, pendaftaran peserta PBPU, perubahan fasilitas kesehatan, skrining riwayat kesehatan, dan daftar fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Tarif PPh Turun, WP Diimbau Segera Lapor SPT

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Sesuai Perppu 1 Tahun 2020 pemerintah telah menurunkan tarif pajak penghasilan badan dari sebelumnya sebesar 25 persen menjadi 22 …

XL Axiata Perpanjang Gratis Akses 2GB/hari

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan program gratis 2GB/hari sesuai dengan keputusan pemerintah yang memperpanjang tanggap darurat guna menghindari …