Konsep Kearifan Lokal Pengelolaan Lingkungan Harus Diperkuat Pemerintah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Konsep kearifan lokal dalam isu pengelolaan lingkungan harus mulai diterapkan kembali. Semua itu harus diperkuat melalui payung hukum aturan kebijakan pemerintah.


Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi dalam Konferensi Perubahan Iklim di Madrid, Spanyol, Kamis (12/12/2019). Ia hadir bersama jajaran pimpinan Komisi IV DPR RI.

Pengelolaan lingkungan lewat konsep kearifan lokal berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam. Ia menilai harus tiga regulasi agar upaya ini berjalan maksimal.

Pertama, perlu dibuat undang-undang ketahanan nasional dalam konteks kehutanan. Sederhananya, tidak perlu lagi pembukaan hutan untuk kepentingan ekonomi. Hutan harus difungsikan kembali menjadi sumber ketahanan nasional melalui sistem konservasi.

Regulasi lain adalah pembuatan undang-undang konservasi ekosistem dan sumber daya hayati. Selain itu, perlu didorong pembuatan undang-undang perlindungan masyarakat adat. Menurutnya, masyarakat adat adalah polisi kehutanan sejati karena menjaga hutan dengan kekuatan keyakinannya.

“Karena bagi mereka, hutan dan laut adalah tempat bersemayamnya Tuhan, sehingga terjadi sakralitas. Itu juga sama di masyarakat Amazon dan tempat lainnya,” ucap dia melalui siaran pers yang diterima.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa perubahan iklim yang saat ini terjadi karena fenomena ketidakseimbangan alam.

Ia mengilustrasikannya dengan kisah Krisna dan Arjuna dicabut hingga menyebabkan kehancuran akibat peperangan. Keduanya dicabut ketika menghadapi musuh, sehingga memunculkan malapetaka. Krisna dan Arjuna dalam dunia pewayangan adalah faktor penting dalam menjaga keseimbangan.

“Cerita itu menunjukkan bahwa ajaran kesimbangan itu sudah ada dalam spiritualitas Indonesia, misalnya ada ajaran keseimbangan manusia dengan alam, manusia dengan manusia, yang di dalamnya adalah bentuk penyerahan diri pada Tuhan,” katanya.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …