Rp 50 Miliar Bangun Skywalk dan Tower

PEMBANGUNAN : Proses pembangunan Skywalk di sekitaran Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (4/12). 
(FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

PEMBANGUNAN : Proses pembangunan Skywalk di sekitaran Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (4/12). (FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung bersiap membangunan Skywalk Al-Fathu dan Tower Sabilulungan. Anggaran untuk dua proyek tersebut sebesar Rp 50 miliar.


Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung, Agus Nuria, mengatakan bahwa progres pembangunan skywalk Al-Fathu Pemerintah Kabupaten Bandung tahap 1, direncanakan rampung akhir tahun 2019.

“Skywalk tahap pertama insyaallah Desember (2019) selesai,” ucap Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung Agus Nuria di kantor Dinas PUTR, Selasa (3/12).

Pada tahap pertama ini, penggunaan dana untuk pembangunan jembatan penghubung Masjid Al-Fathu ke Gedung Budaya Sabilulungan mencapai Rp 17 miliar. Angka itu akan bertambah seiring dengan progres pembangunan.

“Ditambah mungkin nanti sekitar Rp 20 miliar. Selain Skywalk, nanti pada 2020 akan dibangun tower. Dengan demikian total anggaran keseluruhan hingga tahap 2 sekitar Rp 50 miliar,” jelas Agus.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M Naser menuturkan bahwa rencananya, tower tersebut  akan dibangun setinggi 99 meter karena terinspirasi asmaul husna. Namun, pada akhirnya tinggi bangunan akan disesuaikan dengan hasil kajian.

“Tower Sabilulungan namanya, tingginya sedang dikaji, saya ingin 99 meter, terinspirasi dari Asmaul Husna, tapi kalau tidak 65 meter,” tutur Dadang.

Dadang mengungkapkan bahwa nantinya lantai dasar Tower Sabilulungan akan digunakan sebagai pojok UMKM, yang memamerkan produk UMKM Kabupaten Bandung. Sedangkan lantai dua Tower Sabilulungan akan digunakan sebagai tempat untuk kantor pelayanan terpadu.

“Lantai dasar akan ada pojok UMKM, ada pojok buku juga sedangkan lantai dua, tempat mal publik, mal pelayanan publik, mal perizinan terpadu. Jadi yang di Transmart dipindahkan karena di Transmart akan dijadikan sebagai pusat bisnis,” pungkas Dadang.

(cr1).

Loading...

loading...

Feeds