Pemkot Bandung Minta PD Pasar Pertahankan Pasar Andir

AKTIVITAS: Suasana aktivitas pedagang dan pembeli di Pasar Andir, Jalan Arjuna, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

AKTIVITAS: Suasana aktivitas pedagang dan pembeli di Pasar Andir, Jalan Arjuna, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memerintahkan PD Pasar Bermartabat untuk pertahankan aset Pasar Andir. Pernyataan itu menyusul atas PT Aman Prima Jaya (PT APJ) yang bakal mengambil alih secara paksa pengelolaan pasar tersebut melalui bantuan Pengadilan Negeri.


“Kami mengapresiasi, upaya PD Pasar mempertahankan aset Pasar Andir selama ini,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Bandung, Bambang Suhari, kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

Menurut Bambang, Pasar Andir merupakan aset Pemkot Bandung yang diserahkan kepada PD Pasar Bermartabat sebagai penyertaan modal. Di sisi lain, Bambang mempertanyakan rencana PT Aman Prima Jaya (APJ) yang meminta PD Pasar untuk menyerahkan pengelolaan dan meninggalkan Pasar Andir.

“Masa PD Pasar diusir dari rumahnya sendiri,” tegas Bambang.

Halnya dengan sengketa yang berakhir pada putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), Bambang mengatakan, semua berawal dari permohonan PT APJ untuk memperpanjang kontrak kerjasama pengelolaan Pasar Andir. Namun, pengajuan perpanjangan pengelolaan ditolak PD Pasar. Alasannya, berdasarkan hasil evaluasi, PT APJ dinilai tidak merawat aset dengan baik.

“Seharusnya kerjasama habis pada 28 September 2016. Namun mereka mengajukan perpanjangan,” katanya.

Senada, Pjs Dirut PD Pasar Bermartabat, Lusi Lesminingwati mengatakan, sejak 2016 PD Pasar mengambil alih pengelolaannya Pasar Andir. Bahkan, pembiayaan soal listrik, asuransi dan biaya kebersihan dilakukan oleh PD Pasar.

Menurut Lusi, pihaknya sekarang tengah mengajukan upaya hukum lanjutan. Selain dari sisi pidana juga hukum perdata.

“Yang kami perkarakan adalah wanprestasi dan tidak taat hukum,” tegas Lusi.

Tidak taat hukum yang dimaksud Lusi adalah, seharusnya PT APJ menyerahkan segala aset Pasar Andir pada September 2016. Namun, saat serah terima aset pihak dari PT APJ tidak datang.

“Bahkan kunci juga mereka yang pegang. Saat petugas kebersihan kami sedang bebersih malah diusir oleh pihak PT APJ,” jelasnya.

Kata Lusi, sebenarnya, PD Pasar ingin melakukan yang terbaik bagi kenyamanan para pedagang Pasar Andir. Untuk itu, pihaknya membuka selebar-lebarnya pintu komunikasi untuk berdamai.

“Kita upayakan yang terbaik bagi para pedagang. Karena dalam hal ini, yang paling dirugikan adalah para pedagang. Jika PT APJ bersedia berdamai kami bersedia,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, PT APJ bakal ambil alih secara paksa ihwal pengelolaan Pasar Andir. Pasalnya, banding yang diajukan PD Pasar atas putusan BANI terhadap pengelolaan Pasar Andir ditolak MK.

Kuasa Hukum PT APJ, Baskara Nainggolan menegaskan, hingga saat ini tidak ada niat baik dari PD Pasar Bermartabat terkait pengembalian pengelolaan Pasar Andir.
Padahal banding sudah jelas ditolak MK.

“Seharusnya PD Pasar segera menyerahkan pengelolaan Pasar Andir pada kami,” ujar Baskara kepada, Senin (2/12/2019).

Baskara mengatakan, sampai saat ini PD Pasar belum mengembalikan pengelola Pasar Andir. Karenanya, ia akan meminta bantuan pengadilan negeri untuk mengambil alih secara paksa. Kata dia, surat tersebut sudah dilayangkan pada 29 November 2019 dan sekarang sedang menunggu keputusan pengadilan.

“Seharusnya PD Pasar mengembalikan pengelolaan sejak Oktober 2019. Namun karena hal ini tidak dilakukan, maka kami terpaksa mengirimkan surat permohonan kepada pengadilan negeri untuk mengambil alih paksa pengelolaan pasar Andir,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Jokowi Bela Prabowo Super Maksimal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Prabowo yang sejak menjabat banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Menurut Jokowi, langkah Menteri Pertahanan …

Jalan Haji Gofur Menuju Cilame Putus

POJOKBANDUNG.com,CILAME – Jembatan Irigasi di Kampung Sukamaju RT 01 RW 01, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah amblas, Selasa (21/1/2020). Akibatnya, penghubung …

Fabiano Beltrame Masih Butuh Waktu

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Fabiano Beltrame akhirnya bisa kembali bermain bersama Persib Bandung dalam pertandingan resmi. Fabiano tampil saat klub berjulukan Maung Bandung …

Oyo Group Bangun Penginapan Siluman

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Sebuah Hotel di Jalan Budi, Kelurahan Pasir kaliki, Kecamatan Cimahi Selatan, mendapatkan Peringatan (SP) pertama pemkot Cimahi. Pasalnya, …