Venue Arung Jeram dalam Perawatan

BAKTI SOSIAL : FAJI, FPTI bersama Menwa saat melakukan latihan Rapling serta pelatihan Rescue Vertikal.
(M. ANWAR/RADAR BANDUNG)

BAKTI SOSIAL : FAJI, FPTI bersama Menwa saat melakukan latihan Rapling serta pelatihan Rescue Vertikal. (M. ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Jadi tuan rumah diperhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, Kabupaten Subang berbenah. Sebelumnya, Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi, telah menyatakan kesiapannya sebagai salah satu daerah yang dipercayai menyelenggarakan pesta olahraga di tatar sunda ini.


Salah satu kesiapan yang ditunjukan insan olahraga di Kabupaten Subang, dalam menyambut event dua tahunan itu yakni, melaksanakan bakti sosial berupa membersihkan sampah yang berserakan dialiran Sungai Cipunagara Desa Sadawarna Kecamatan Cibogo Subang.

Semangat mereka terlihat saat membersihkan aliran sungai dari sampah domestik yang tentunya dibuang orang yang tidak bertanggungjawab.

Penggerak kegiatan tersebut adalah, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Subang, bersama Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Subang, dan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Subang (Unsub).

Ketua Pengcab FAJI Kabupaten Subang, Ratu Agung Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Ambu Indung Budak Noviyanti Maulani mengatakan, bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan fasilitas arung jeram pada pengusulan venue Porprov 2022.

“FAJI menginginkan adanya kawasan sungai yang bersih dan bebas dari sampah, sehingga FAJI mengambil inisiatif untuk memulai kegiatan membersihkan lingkungan sungai Cipunagara, terutama di wilayah Desa Sadawarna, terlebih saat ini musim sudah musim penghujan, sehingga sampah-sampah itu perlu kita beraihkan dari sungai, agar tidak terjadi bencana banjir,” ucap Noviyanti.

Selain kegiatan bakti sosial, FAJI dan FPTI serta Menwa Unsub kata Noviyanti, juga melaksanakan latihan bersama, dalam rangka meningkatkan kapasitas olahraga pemuda, serta, khusus untuk FAJI, latihan persiapan partisipasi pada acara kejurda yang akan dilaksanakan di Sungai Cimanuk Sumedang, 17 Desember 2019 nanti.

“Salah satu peran yang tidak dapat dipisahkan dari tubuh FAJI, selain sebagai olaharaga prestasi dan olahraga wisata, juga adanya peran konservasi, dimana FAJI peduli dan bertanggung jawab atas lestarinya lingkungan sungai serta bantarannya,” ujarnya.

Selain itu, FAJI juga melakukan pembinaan atlet, pada rangkaian yang sama, FAJI, FPTI bersama Menwa, juga mengadakan latihan Rapling serta pelatihan Rescue Vertikal.

“Ini penting,selain untuk menumbuhkan minat masyarakat, terutama pemuda, terhadap kegiatan olahraga, juga agar pemuda memiliki keahlian di bidang Penyelamatan dan Penanganan Bencana,” pungakasnya.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkot

BSM Plus Permudah Informasi Geografis

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyosialisasikan aplikasi sistem informasi geografis berbasis situs daring bernama Bandung Smart Map Plus (BSM+). …
cipali

Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat yang akan menggunakan Tol Cipali untuk mewaspadai kecelakaan. Kecelakaan …
sdn

Enam Kelas SDN Cinta Warna Rusak

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Enam ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cinta Warna yang berlokasi di Kampung Cigebang, RT 13/RW 05, …
AHY

Kader Baru Harus Siap Didenda Rp 1 Miliar

POJOKBANDUNG.com,Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mewisuda taruna Akademi Demokrat. Dalam pidatonya, AHY menyebut bahwa kader baru …
MK

Sepakat Takkan Usung Eks Koruptor

POJOKBANDUNG.com, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan terkait pencalonan mantan narapidana korupsi untuk maju dalam gelaran Pilkada. Dalam putusan MK, …

Rumah 2 Lantai Hanya Rp 900 Jutaan di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Permintaan pasar akan hunian dua lantai dengan harga terjangkau semakin besar seiring dengan pertumbuhan segmen menengah. Tingginya …