Ternyata Bisa Skrining Kesehatan Via Mobile JKN

Fitri

Fitri

POJOKBANDUNG.com – “Semua Ada Dalam Genggaman”, begitulah slogan Mobile JKN salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang sudah lama launching pada tanggal 15 November 2017 lalu. Dua tahun lebih Mobile JKN memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS. Di latar belakangi dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi.


BPJS Kesehatan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat dengan adanya Mobile JKN.

Aplikasi tersebut dapat membantu mengurangi antrian masyarakat di kantor-kantor BPJS Kesehatan. Hanya dengan men-download di App Store atau Play Store, semua peserta JKN-KIS kini semakin dimudahkan karena tidak perlu lagi untuk datang dan mengantri ke Kantor Cabang maupun Kantor Kabupaten untuk melakukan pengurusan administrasi.

Mobile JKN dapat digunakan oleh siapa saja yang mempunyai handphone android maupun IOS. Berbagai fitur yang ditawarkan pada aplikasi Mobile JKN ini di antaranya fitur lokasi fasilitas kesehatan, fitur iuran dan catatan pembayaran, fitur cek virtual account, fitur ubah data peserta, fitur pengaduan keluhan dan juga fitur Kartu Indonesia Sehat (KIS) digital. Selain itu juga terdapat fitur Skrining Riwayat Kesehatan dimana peserta dapat mengetahui riwayat dari kesehatannya.

Fitur skrining, fitur ini tak kalah penting dengan fitur lainnya yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN yang bertujuan untuk mendeteksi gejala penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner. Untuk mengetahui potensi resiko kesehatan, peserta terlebih dulu harus menjawab kurang lebih 47 pertanyaan yang ada di fitur tersebut.

Seperti pengalamannya Fitri (24) dari Puskesmas Cimenyan Kabupaten Bandung pada saat kunjungannya ke stand BPJS Kesehatan di acara peringatan HKN ke-55 di Dome Bale Rame Sabilulungan Kabupaten Bandung (28/11).

Fitri sebelumnya hanya ikut teman-temannya berbondong-bondong ke stand BPJS Kesehatan. Setelah mendekat dan bertanya Fitri pun diberikan penjelasan oleh petugas BPJS Kesehatan tentang Skrining Riwayat Kesehatan. Lalu Fitri mendownload aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu dan melakukan skrining tersebut seketika.

“Ternyata saya juga bisa melakukan Skrining Riwayat Kesehatan di hp saya seperti yang lainnya yang ramai pada menggunakannya,” ucap petugas puskesmas tersebut.

Fitri mengungkapkan bahwa ia baru mengetahui perkembangan BPJS Kesehatan bisa seperti sekarang dengan adanya aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses melalui handphone.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Sundus Farida menjelaskan keunggulan Mobile JKN.

“Mobile JKN sangat memudahkan peserta JKN-KIS dalam melakukan berbagai administrasi BPJS Kesehatan bagi siapapun, kapanpun dan dimanapun, mau pendaftaran bisa, pindah faskes bisa, cek iuran bisa, serta mengecek riwayat kesehatanpun juga sangat bisa,” ujar Sundus.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …