Pecinta Batik, Fashion dan Kriya, Sambut Pameran Pelangi Nusantara 7

POJOKBANDUNG.com,  BANDUNG – BPD Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraf Indonesia (ASEPHI) Jawa Barat kembali menggelar Pameran Pelangi Nusantara untuk ketujuh kalinya. Even tahunan ini akan digelar Graha Manggala Siliwangi Jalan Aceh, Kota Bandung, mulai 27 November-1 Desember 2019.


Ratusan perajin batik, asesoris, kriya, fashion, dari seluruh Jawa Barat, akan memperlihatkan karyanya kepada publik. Kegiatan tak sekadar gelaran produk, tetapi esensinya memfasilitasi produsen dan pembeli potensial dari dalam dan luar negeri.

Ketua Asephi Jawa Barat, Hedy Yamasari didampingi Sekretaris Umum Nunu Idris mengatakan, meski setiap tahunnya Pelangi Nusantara menghadirkan tema yang sama yaitu batik, fashion, dan kriya. Namun selalu ada yang berbeda pada setiap tahun penyelenggaraannya.

Tahun ini karya-karya unggulan produsen akan menjadi bagian gaya hidup masyarakat, yang ditampilkan dalam suasana pameran yang berbeda. Demikian pula dengan produk peserta yang semakin bervariasi dan didukung pula dengan acara menarik di setiap harinya.

“Melalui pameran ini, kita dorong para perajin menjadi pengusaha mandiri yang mampu mengembangkan produk serta ekonominya. Lalu dapat merebut pasar domestic sehingga dapat tercapat target pasar di kelas atas, apalagi setelah adanya kebijakan pasar bebas yang berimbas pada membanjirnya produk luar,” kata Hedy.

Hedy menuturkan, kerajinan Jawa Barat memiliki keunggulan dengan daya tarik dan keunikan masing-masing. Pasalnya, produk-produk tersebut berawal dari kreativitas perajin yang sebelumnya mendapat sentuhan desainer. Tentunya sudah teruji kualitasnya.

“Pameran ini menjadi bagian komitmen kami dalam membantu memasarkan produk mereka. Makanya kita buat di tempat strategis, tampilan representative, dan eksklusif. Kita rebut pasar domestik, khususnya di segmen middle-up. Kita harapakan konsumen datang untuk melihat, belanja, dan bangga dengan produk dari pameran ini,” katanya.

Hedy mengatakan, pameran ini pun untuk mempertahankan produk lokal supaya tetap menjadi tuan di negara sendiri. Para produsen diharapkan dapat membuat produk sesuai dengan perkembangan jaman.

“Kolaborasi dan sinergi menjadi hal utama pada pameran ini. Berbagai unsur terlibat dalam kegiatan selama pameran, mulai asosiasi, Dekranasda, komunitas, sampai majelis taklim, sehingga pameran Pelangi Nusantara tidak hanya menjadi ajang perhelatan bagi Asephi Jawa Barat tapi juga untuk asosiasi dan komunitas di kota Bandung,” ujarnya.

Hedy menjelaskan, selain perajin dari Jawa Barat, pameran ini diikuti perajin dari sejumlah daerah, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan DKI Jakarta. Produk yang ditampilkan di antaranya kain tradisional handmade, clutch, selop, aksesoris cantic handmade, craft handmade, fashion etnik.

“Kami pun akan mengemas lebih seru dan edukatif bagi para pengunjung, misalnya ada workshop, talkshow, live musik, dan fashion show. Bahkan untuk setiap pengunjung yang hadir dan membawa undangan akan mendapatkan souvenir cantik dari penyelenggara.Tujuannya agar konsumen lebih terpacu dan antusias sehingga lebih ramai dikunjungi,” ujarnya.

(nto)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkot

BSM Plus Permudah Informasi Geografis

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyosialisasikan aplikasi sistem informasi geografis berbasis situs daring bernama Bandung Smart Map Plus (BSM+). …
cipali

Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat yang akan menggunakan Tol Cipali untuk mewaspadai kecelakaan. Kecelakaan …
sdn

Enam Kelas SDN Cinta Warna Rusak

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Enam ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cinta Warna yang berlokasi di Kampung Cigebang, RT 13/RW 05, …
AHY

Kader Baru Harus Siap Didenda Rp 1 Miliar

POJOKBANDUNG.com,Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mewisuda taruna Akademi Demokrat. Dalam pidatonya, AHY menyebut bahwa kader baru …
MK

Sepakat Takkan Usung Eks Koruptor

POJOKBANDUNG.com, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan terkait pencalonan mantan narapidana korupsi untuk maju dalam gelaran Pilkada. Dalam putusan MK, …

Rumah 2 Lantai Hanya Rp 900 Jutaan di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Permintaan pasar akan hunian dua lantai dengan harga terjangkau semakin besar seiring dengan pertumbuhan segmen menengah. Tingginya …