110 Pemuda untuk Desa Tertinggal di Jabar

POJOKBANDUNG.com – 110 anak muda akan dikirim ke desa tertinggal di Jawa Barat. Semua anak muda itu tergabung dalam program Patriot Desa.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Dedi Sopandi menjelaskan, para patriot desa akan disebar ke 50 desa tertinggal yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa yang tersebar di 10 kabupaten di Jabar.

Menurutnya, Patriot Desa itu layaknya pasukan khusus yang diturunkan di desa yang sulit berkembang dan maju. Mereka nantinya akan dikirim selama setahun ke desa-desa tertinggal di Jawa Barat.

“Mereka bertugas menggali potensi sehingga membentuk BUMDes,” kata Dedi pada acara Jabar Punya Informasi.

Dedi menuturkan, para pemuda tersebut akan mendapat honorarium di atas upah minimum regional. Yang dimana akan mengacu pada standar Pergub.

“Standar tidak kurang dari UMR ya sekitar Rp 3-5 juta per bulan,” tuturnya.

110 pemuda dalam program Patriot Desa secara resmi dilepas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dimana pemuda tersebut diberi misi untuk mensejahterakan desa dengan menggali potensi bisnis di pedesaan.

“Misinya cuma satu membawa perubahan yang diukur dengan hadirnya instrumen ekonomi untuk mensejahterakan warga desa,” kata Emil, sapaan akrabnya.

Pria berkacamata itu menuturkan, 110 pemuda tersebut terpilih dari 3.000 pemuda yang mendaftar. Setelah terpilih, mereka ditempa hampir lebih dari satu bulan sebagai bekal membangun kehidupan ekonomi di pedesaan.

“Mereka adalah orang-orang yang punya skil teknis, pintar, paham digital, ngerti ekonomi, punya semangat kejuangan,” ujarnya.

Emil mengatakan Patriot Desa merupakan bagian dari program Satu Desa Satu Perusahaan dengan tujuan utama untuk menekan angka urbanisasi.

“Iya, tidak ada lagi desa di masa depan anak mudanya pindah ke kota. Justru mereka berteman dengan anak desa sehingga anak desanya berinteraksi dengan anak pintar ini, menjadi mentornya, hingga suatu hari mereka tak lagi di situ karena anak desanya sudah paham dalam membuat gagasan,” paparnya.

Selama mereka bertugas, Emil akan memberi dukungan dari berbagai sektor agar tiap program yang mereka bawa bisa dirasakan masyarakat. Anak muda itu juga bakal mendapat pendampingan dari para mentor.

“Kami akan dukung lahir batin. Karena tujuannya adalah desa di Jabar maju,” ucapnya.

Menurutnya, Patriot Desa itu sebagai contoh lahirnya anak muda yang patriot. Dimana pemuda lain masih aman di kota dengan zona nyamannya.

“Karena pada dasarnya status mereka itu jadi pemimpin membawa perubahan dengan laboratoriumnya desa,” pungkasnya.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds

IGL Luncurkan Apps, Website dan Kompetisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Pasca sukses di gelaran FIFA 19 FUT tahun lalu, Indonesia Gaming League (IGL), bekerjasama dengan 1011 event dalam …

Pemerintah Batasi Distribusi Elpiji 3 Kilogram

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Ego Syahrial menyatakan bahwa pemerintah membatasi distribusi elpiji 3 kilogram. Ini dikarenakan …