Bantu Sesama dan Mengabdi dengan Menjadi Kader JKN

Narasumber : Rismaleulia (45 Tahun), Kader JKN-KISCabang Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sejak Oktober 2017, BPJS Kesehatan membuka Program Kader Jaminan Kesehatan Nasional. Kader JKN merupakan individu yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan, serta menjalankan sebagian fungsi BPJS Kesehatan khususnya dalam hal penagihan iuran JKN dalam suatu wilayah tertentu dan direkrut oleh BPJS Kesehatan.


Menjadi Kader JKN tidak pernah terbayangkan sebelumnya dalam benak Rismaleulia. Tetapi tekadnya yang begitu kuat demi keberlangsungan Program JKN-KIS membuat perempuan yang berusia 45 tahun ini menjadi salah satu kader terbaik pengumpul iuran di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi sejak tahun 2017.

“Kader JKN merupakan pekerjaan yang menyangkut masalah sosial kesehatan, kita terjun langsung ke masyarakat dengan membantu mereka yang kurang pemahaman tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Banyak masyarakat yang tidak memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS, kebanyakan dari mereka mendapatkan informasi seputar Program JKN-KIS dari orang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaran informasinya,” ujar Ale sapaan akrabnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Ale juga menambahkan bahwa pengalamannya menjadi Kader JKN semakin membuatnya dekat dengan masyarakat khususnya warga Kelurahan Melong, Kota Cimahi. Menjadi Kader JKN banyak suka duka yang dialami, tidak mudah menjadi seorang Kader JKN. Banyak sekali hambatan dan tantangan yang sering ditemuinya, terutama apabila ada masyarakat yang mengeluh mengenai pelayanan yang didapatkan pada saat berobat di fasilitas kesehatan.

“Di lapangan saya merasakan banyak suka dan duka, karena berbagai macam karakter orang yang kita hadapi setiap harinya. Saya dulu pernah ditolak oleh masyarakat, waktu saya mendatangi rumah salah satu warga binaan. Mereka yang baru melihat kami, sudah langsung melakukan penolakan, ada juga yang setelah mendengarkan penjelasan, baru mau menerima kami. Namun ada juga yang menyambut dengan baik pada saat kami melakukan kunjungan. Hal-hal seperti itu, saya rasa sudah biasa terjadi dan semakin membuat saya semangat dalam menjalankan tugas sebagai Kader JKN,” ucap Ale.

Tidak lupa pula dalam setiap kunjungannya, Ale juga selalu mengedukasikan dan memperkenalkan aplikasi Mobile JKN yang dinilainya sangat bermanfaat dan memudahkan peserta. Dirinya juga berharap dengan adanya program Kader JKN dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya Program JKN-KIS, sehingga dapat menambah jumlah kepesertaan Program JKN-KIS dan tentunya agar Program JKN-KIS dapat terus berkesinambungan.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …