Warga Kabupaten Subang Rawan Pangan

BAGI : Bupati Subang, Ruhimat bagikan beras kepada warga.

BAGI : Bupati Subang, Ruhimat bagikan beras kepada warga.

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang beri perhatian serius terhadap dampak kekeringan. Terlebih sejauh ini warga di sejumlah wilayah masih kesulitan mendapatkan air layak konsumsi.


Bupati Subang, Ruhimat mengatakan penanganan kekeringan telah dilakukan oleh Pemkab Subang secara terpadu dan berkesinambungan.

“Kita sudah mendistribusikan air bersih ke wilayah wilayah yang terkena dampak kekeringan. Kita sudah pula menetapkan status darurat bencana kekeringan,” ujar Ruhimat.

Menurut Ruhimat, bencana kekeringan mengakibatkan masyarakat tidak bisa menanam padi dan palawija dikarenakan tanah mengering akibat kekurangan air.

“Hal ini, menyebabakan meningkatnya jumlah warga yang masuk kategori rawan pangan, diantaranya terjadi di desa Pamanukan Sebrang, Kecamatan Pamanukan,” kata Bupati

Oleh karena itu, lanjut Ruhimat, Pemprov Jabar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi memberikan bantuan beras seberat 9 Kg per jiwa kepada masyarakat rawan pangan.

“Alhamdulillah, untuk Desa Pamanukan Sebrang ini dapat bantuan beras seberat 11,4 ton untuk 1.127 jiwa,” ucapnya.

Diakatakan Ruhimat, bantuan beras tersebut diberikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil,dalam upaya meringankan beban warga yang mengalami gagal tanam padi akibat bencana kemarau panjang yang melanda wilayah Subang.

Ia berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat meringankan beban hidup masyarakat yang gagal tanam

“Mudah mudahan bantuan ini sedikit dapat meringankan beban hidup warga Pamanukan Sebrang yang masuk kategori rawan pangan akibat gagal tanam dimusim kemarau,” harapnya

Sementara itu Camat Pamanukan Hj.Ela Nurlaela mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih, berkat dukungan dari semua pihak melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, akhirnya masyarakat desa Pamanukan Sebrang mendapatkan bantuan sebanyak 11,4 ton beras,” ungkapnya.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds