Pemkot Bandung Bagikan Ribuan Anak Ayam

MENERIMA: Siswa menunjukan anak ayam yang diberikan Walikota Bandung Oded M Danial di Gedebage, Kota Bandung, Kamis (21/11/2019). (Foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

MENERIMA: Siswa menunjukan anak ayam yang diberikan Walikota Bandung Oded M Danial di Gedebage, Kota Bandung, Kamis (21/11/2019). (Foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merealisasikan program pembagian anak ayam kepada siswa. Sebanyak 2.000 anak ayam sudah dibagikan di 12 sekolah di dua kecamatan, Gedebage dan Cibiru. Dua kecamatan itu menjadi pilot project program tersebut.


“Program chickenisasi merupakan salah satu cara membangun karakter yang dimulai dari anak-anak,” ujar Walikota Bandung, Oded M.Danial, kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Oded berharap, program ini bisa berkelanjutan dan berjalan dengan baik.
Ia juga mengaku, pembagian anak ayam ini merupakan pilot project yang nantinya akan dievaluasi untuk mengetahui hasilnya.

“Jadi jangan sampai setelah di launching lalu ‘cicing’ (diam). Kita nanti akan evaluasi, kalau hasilnya baik, akan kita teruskan,” tambahnya.

Sebagai tahap awal, Dispangtan sebagai pelaksana program mendapat CSR dari BJB sebanyak 2.000 ekor anak ayam yang usianya baru 3 hari.

“Sampai 2020 nanti, kami masih akan menggunakan dana CSR, karena masih belum bisa dianggarkan di APBD 2020,” imbuhnya.

Disinggung kekhawatiran warga yang memeliharan ayam dan takut hewan peliharaannya masuk ke pekarangan rumah orang, sehingga berakibat persoalan, Oded mengatakan, akan mengevaluasi kemungkinan itu.

“Ya nanti kita lihat. Kita coba saja dulu. Kalau belum dicoba dan banyak kekhawatiran, kan repot,” tambah Oded.

Jika dalam pelaksanaannya memang lebih banyak kerugiannya, sambung Oded, kebijakan ini akan ditinjau ulang. Ditanya apakah program ini bisa mengalihkan perhatian dari anak-anak dari Gadget, ia mengatakan masih belum tahu mengingat program ini pun masih belum dilakukan sepenuhnya.

Terpisah, Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan, pihaknya sudah melakukan diskusi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung telah berdiskusi untuk menjadi pemeliharaan anak ayam ini merupakan mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Nantinya, siswa akan diminta meminta laporan pertanggungjawaban setiap fase.

“Selain itu kami juga akan memantau langsung ke lapangan. Untuk mengetahui perkembangan ayam yang dibagikan,” kata Gin Gin.

Salah seorang siswa yang mendapatkan anak ayam, Nazril Muhamad Ibrahim mengaku, akan merawat ayamnya. Siswa kelas 5 SDN 274 Cempaka Arum ini bahkan ingin mengembangbiakan ayam peliharaanya.

“Seneng ini dikasih ayam. Mau diurus sampai gede. Semoga makin tambah dan gede lagi,” kata Nazril usai menerima ayam di Kolam Retensi Rancabolang, Kecamatan Gedebage.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …