Targetkan Cetak Hattrick di Popnas 2019

FOTO BERSAMA: Kontingen Jabar foto bersama usai pembukaan Popnas XV/2019, Minggu (17/11/2019).

FOTO BERSAMA: Kontingen Jabar foto bersama usai pembukaan Popnas XV/2019, Minggu (17/11/2019).

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 baru dimulai, Minggu (17/11). Pada gelaran serupa 2015 dan 2017, Jabar berhasil menempati posisi puncak. Tahun ini, Jabar menargetkan juara umum sekaligus bertekad mencetak hattrick.


“Target harus juara umum. Kita punya potensi dan siap mencetak hattrick,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Engkus Sutisna didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Desiyana Savitri, usai pembukaan Popnas XV/2019 di Hall A, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, kemarin.

Kontingen Jabar diperkuat 211 atlet yang akan bertanding di 221 nomor di 13 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari total 221 medali emas yang diperebutkan, Jabar menargetkan meraih sekitar 40 medali emas dari beberapa cabang olahraga unggulan.

“Kita punya andalan di beberapa cabang olahraga seperti atletik, renang, taekwondo, dayung, pencak silat, dan angkat besi. Beberapa atlet kita pun sempat memperkuat Indonesia pada ajang Asian School Games XI di Semarang pada Juli 2019 lalu,” paparnya.

Selain dari cabang olahraga yang selalu menjadi andalan, Jabar pun punya peluang di beberapa cabang olahraga lain yang dipertandingkan. Seperti bulutangkis, pencak silat dan cabang olahraga lainnya.

“Semoga apa yang kita harapkan bisa tercapai untuk mempertahankan juara umum Popnas untulk kali ketiga,” tegasnya.

Popnas XV tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada Minggu (17/11) malam di Hall A Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta. Popnas XV tahun 2019 akan mempertandingkan 13 cabang olahraga yang digelar di dua kota yakni Jakarta (10 cabang olahraga) dan Jabar (3 cabang olahraga) hingga 25 November 2019.

“Saya berharap dari ajang Popnas XV ini bisa lahir atlet-atlet terbaik yagg bisa membela Indonesia pada ajang internasional,” ujar Zainudin.

Ke-13 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Popnas XV tahun 2019 yakni atletik, bulutangkis, renang, sepak takraw, bola voli pasir, angkat besi, pencak silat, judo, panahan, dan karate yang digelar di DKI Jakarta. Serta taekwondo, dayung dan tarung derajat digelar di Jabar.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Popnas XV/2019, mengalami penurunan dari pelaksanaan sebelumnya pada tahun 2017 yang mempertandingkan 21 cabang olahraga. Pada gelaran Popnas XIV tahun 2017 tersebut, Jabar keluar sebagai juara umum dengan raihan 58 medali emas, 45 medali perak, dan 54 medali perunggu.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

PPB

PPB Perkuat Peran Jurnalis dan Perangi Hoaks

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menghadapi bonus demografi di Indonesia pada tahun 2045  mendatang, Pemuda Peduli Bangsa (PPB) mengantisipasi hambatan yang akan …
Pemkot

BSM Plus Permudah Informasi Geografis

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyosialisasikan aplikasi sistem informasi geografis berbasis situs daring bernama Bandung Smart Map Plus (BSM+). …
PNS

Oknum PNS Subang Main Narkoba Berjenis Sabu

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Petugas Kepolisian Polres Subang menangkap seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Subang ditangkap karena …
Persib

Lawan Badak Lampung dengan Skuad Lengkap

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung tinggal menyisakan dua laga di Liga 1 2019. Terdekat, Maung Bandung akan menghadapi Perseru Badak …
PRESIDEN

Demokrat Tolak Penambahan Masa Jabatan Presiden

POJOKBANDUNG.com, Wacana penambahan masa jabatan presiden terus mengemuka, kendati Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak setuju dengan penambahan jabatan kepala …
cipali

Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat yang akan menggunakan Tol Cipali untuk mewaspadai kecelakaan. Kecelakaan …