Tekan Laka dengan Roller Barrier

PEMASANGAN : Petugas Dishub Jabar memasang roller barrier di titik rawan laka.

PEMASANGAN : Petugas Dishub Jabar memasang roller barrier di titik rawan laka.

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan di beberapa titik jalan Jawa Barat sudah terpasang roller barrier atau pembatas jalan berteknologi silinder putar di sejumlah titik rawan kecelakaan. Total Dinas Perhubungan Jabar sudah menetapkan di tujuh titik.


Perkembangan pemasangan roller barrier ini juga disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya. Ia menyebut roller barrier sudah dipasang di banyak titik rawan kecelakaan di Jabar.

“PROGRAM ROLLING BARRIER, teknologi tabung putar penahan tabrakan, sudah dipasang di banyak titik jalan provinsi yang rawan kecelakaan oleh Dishub Provinsi Jawa Barat,” tulis Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil melalui jejaring sosial instagramnya, Minggu (16/11).

“Semoga bisa mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di masa depan. Yang punya usulan titik rawan yang perlu dipasang teknologi ini silakan kontak @dishubjabar,” sambungnya.

Tidak lupa di akhir kalimat penutup dibumbui kalimat guyonan, ia mengingatkan netizen Indonesia agar tidak melakukan swafoto di roller barrier yang terpasang.

“Mohon netizen negara berflower +62 jangan selfie-selfie disana atau dipake garuk-garuk punggung. Safety First,” tulis Ridwan Kamil.

Secara terpisah Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat terus melakukan pemasangan roller barrier system di berbagai ruas jalan yang rawan kecelakaan. Ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas.

 

Roller barrier System merupakan produk buatan Evolution in Traffic Innovation (ETI) asal Korea Selatan. Teknologi ini diklaim punya kemampuan lebih bagus menyerap energi tumbukan dibanding pembatas jalan model lain.

Silinder di bagian tengah akan berputar ketika mengalami tumbukan kendaraan. Saat terjadi tabrakan, silinder yang dijelaskan dalam situs resmi ETI tidak pernah rusak itu mengubah tumbukan frontal menjadi rotasi. Akibatnya, efek tumbukan kendaraan berkurang hingga bisa mengurangi potensi kehilangan nyawa.

Kepala Dishub Jabar, Hery Antasari mengatakan pemasangan roller barrier dimulai pada tahun 2018. “Ini sebagai langkah meminimalisir kecelakaan dan korban jiwa,” kata Hery saat dihubungi, Sabtu (16/11).

Beberapa ruas yang sudah dipasang sistem ini pada tahun lalu ada di tikungan ‘S’ Jalan Raya Cikidang-Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Panjang pembatas jalan berwarna kuning itu sepanjang 60 meter. Lalu, di Jalan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang sepanjang 20 meter. Lalu Jalan Raya Leuweung Tiis, Leles, Kabupaten Garut sepanjang 20 meter.

Tahun ini, pihaknya memasang di ruas Jalan Simpang Loji-Puncak Darma, Kabupaten Sukabumi sepanjang 40 meter. Kemudian, pemasangan juga dilakukan di Jalan Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, KM 28 dengan panjang 80 meter. Lalu, di ruas Jalan Majalengka-Cikijing KM 59+700 sepanjang 20 meter,” tutur dia.

Dia menjelaskan ada beberapa titik lainnya yang sedang persiapan pemasangan roller barrier yakni Ruas Jalan Tanjung pura-Rengas dengklok-Batujaya, Kabupaten Karawang sepanjang 80 meter. Lokasi lainnya yaitu Jalan Raya Cikajang-Bungbulang, Kabupaten Garut sepanjang 80 meter. Saat ini persiapan pemasangannya masih dalam tahap lelang dan baru diumumkan pemenangnya 19 November 2019.

“Jadi total yang terpasang nanti tahun 2018 dan 2019 ini 380 meter. Ini merupakan instruksi langsung dari Pak Gubernur Jawa Barat untuk menekan kecelakaan yang membuat banyak korban jiwa,” pungkasnya.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Rumah 2 Lantai Hanya Rp 900 Jutaan di Bandung

Podomoro Park Bandung yang dipersembahkan oleh Agung Podomoro Land sebelumnya telah berhasil meluncurkan hunian resort satu lantai klaster Padmagriya tahap …
Persib

Persib Bandung Siap Hadapi Siapapun

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pelatih Persib Putri Iwan Bastian mengatakan, timnya tak terlalu memikirkan siapa lawan yang akan dihadapi di partai …
fesyen

Menilik Gaya Busana yang Menghiasi 2020

POJOKBANDUNG.com, TAHUN 2020 tinggal menghitung hari. Berbagai trend satu per satu dikeluarkan berbagai perusahaan, mulai dari industri fesyen, wedding, sampai …
HIV

HIV/AIDS di Subang Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Angka Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), di Kabupaten Subang terus meningkat. Meningkatnya jumlah ODHA dari tahun ke tahun …
borneo fc

Persib Siapkan Kejutan di Samarinda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung bertekad membuat kejutan saat berhadapan dengan Borneo FC pada pekan ke-32 Liga 1 2019. Pertandingan …

Tips bagi HR, Kenali Macam-macam Tunjangan

Tunjangan adalah tambahan gaji disamping gaji pokok yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan. Tunjangan sendiri merupakan komponen pelengkap dari gaji …

Membangun Komitmen Pemuda dan Media Perangi Hoaks

Hoaks merupakan komponen perusak kemajuan bangsa yang nyata di tengah upaya pemerintah melakukan pembangunan nasional berkesinambungan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat …