Mengintip Peluang Main di Asia

SELEBRASI: Skuad Persib Bandung merayakan gol dari Kim Jefrey Kurniawan saat melawan Arema FC beberapa hari lalu.
(FOTO:Taopik Hidayat/Radar Bandung)

SELEBRASI: Skuad Persib Bandung merayakan gol dari Kim Jefrey Kurniawan saat melawan Arema FC beberapa hari lalu. (FOTO:Taopik Hidayat/Radar Bandung)

sia


Wajar bila Teddy ingin Persib terus mempertahankan performa apiknya ini. Sebab hal tersebut akan berpengaruh pada posisi Persib di tabel klasemen.

Saat ini Persib menduduki posisi ke-6 dengan koleksi 40 poin. Pangeran Biru hanya berselisih empat angka dari Persipura Jayapura yang menduduki posisi ke-2.

Andai Persib mampu mempertahankan performa positifnya dalam tujuh laga sisa musim ini, tidak menutup kemungkinan Persib bisa mengakhiri Liga 1 2019 di posisi kedua.

“Karena kalau lihat klasemen hanya beda empat poin dengan posisi kedua. Tetapi juga tergantung dengan performa tim yang di atas kami, masih ada kemungkinan di posisi kedua,” ungkap Teddy.

Bila memang bisa mengakhiri kompetisi di posisi kedua, Persib berpeluang tampil di kompetisi Asia pada musim depan. Saat ini memang belum ada informasi rinci mengenai jatah Indonesia di kompetisi Asia; Liga Champions Asia dan Piala AFC.  Mengacu pada pembagian jatah klub Indonesia untuk tampil di kompetisi Asia pada musim depan, hanya juara dan runner-up Liga 1 yang berhak tampil.

Rinciannya, tim juara akan bermain dalam Kualifikasi Liga Champions Asia (bila gagal dalam kualifikasi akan bermain di Piala AFC), sedangkan runner-up tampil pada putaran final Piala AFC.

Akan tetapi, PSSI juga menjanjikan tiket tampil di kompetisi Asia kepada tim jawara Piala Indonesia 2018-2019. PSM Makassar dipastikan mengambil jatah tersebut. Kemungkinan, PSM akan bermain di Piala AFC pada musim depan.

Meski begitu, masih ada harapan bagi tim peringkat dua Liga 1 2019 untuk tampil di kompetisi Asia. Sebab, saat ini PSSI tengah mengusahakan agar tim juara Liga 1 2019 langsung lolos ke putaran final Liga Champions Asia.

Andai disetujui, kemungkinan besar Indonesia bisa memiliki jatah tiga tim untuk tampil di kompetisi Asia, dengan rincian satu di Liga Champions Asia dan dua di Piala AFC. Teddy sangat berharap Persib bisa kembali tampil di kompetisi Asia.

Kali terakhir Persib tampil di kompetisi Asia adalah musim 2015, setelah mereka memastikan diri menjadi juara kompetisi 2014. Dalam kiprahnya pada Piala AFC 2015, laju Persib terhenti pada babak 16 besar.

Maung Bandung kalah dari wakil Hong Kong, Kitchee SC, dengan agregat 0-2 (0-2, 0-0). “Seneng banget, kalau bisa begitu (lolos ke kompetisi Asia). Kami tinggal lihat persiapannya, hitung kompetisinya, setelah itu kami lihat ke belakang, setelah kompetisi selesai tanggal 22 (Desember), misal untuk menghadapi itu, kapan mulai persiapan,” ujar Teddy.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds

Utamakan Keselamatan Masyarakat

Utamakan Keselamatan Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Bersama dengan pasangan calon Pilkada Kabupaten Bandung, Polresta Bandung melaksanakan deklarasi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol …
Penghitungan Dana BOS Berubah

Penghitungan Dana BOS Berubah

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membeberkan, akan ada perubahan penghitungan alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah …

Akhirnya, KPU Larang Konser pada Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya melarang konser musik dan kegiatan lain yang melibatkan massa berkumpul atau berkerumun pada Pemilihan …

KPU Tetapkan Tiga Paslon di Pilkada Bandung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung resmi menetapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung diikuti oleh tiga pasangan calon.