Masyarakat Diminta Hindari Oknum Calo CPNS

ILUSTRASI : Bupati Bandung, Dadang M Naser menilai, tingginya animo masyarakat terhadap pelaksanaan CPNS bisa menjadi peluang bagi calo untuk meraup uang dengan melakukan penipuan. (dok. Humas Kabupaten Bandung)

ILUSTRASI : Bupati Bandung, Dadang M Naser menilai, tingginya animo masyarakat terhadap pelaksanaan CPNS bisa menjadi peluang bagi calo untuk meraup uang dengan melakukan penipuan. (dok. Humas Kabupaten Bandung)

POJOKBANDUNG.com, KABUPATEN BANDUNG – Masyarakat diminta tidak tergoda rayuan calo pada pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Tahun 2019. Pasalnya, tidak ada seorang pun yang menjamin kelulusan tes selain diri sendiri.


Bupati Bandung, Dadang M Naser menilai, tingginya animo masyarakat terhadap pelaksanaan CPNS bisa menjadi peluang bagi calo untuk meraup uang dengan melakukan penipuan.

“Percaya diri saja dengan kemampuan yang dimiliki, niati segala upaya kita dengan ibadah dan mengusung kejujuran,” ucap dia disela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Rabu (13/11).

Data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung menunjukan sejak dibuka pendaftaran pada 11 November lalu, sampai tanggal 13 November 2019, tercatat sebanyak 573 pelamar sudah mendaftarkan diri ke Kabupaten Bandung.

“Dan kami memperkirakan jumlah peserta akan bertambah, karena waktu pendaftaran masih terbuka sampai tanggal 24 November. Dalam kesempatan ini, kami mengimbau peserta untuk pintar dalam memilih sumber informasi dan menghindari hoax. Untuk mencari informasi yang tepat, kunjungi situs resmi BKPSDM Kabupaten Bandung,” katanya.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung, Wawan Ahmad Ridwan mengungkapkan penilaian CPNS sudah menggunakan system computerized (Sistem Komputerisasi).

“Karena pendaftaran sudah by system yang sifatnya online, dimana hanya orang yang bersangkutan yang bisa mengaksesnya. Sedangkan untuk penilaiannya sendiri, seluruh peserta dapat melihat langsung hasilnya” jelas Wawan.

Di lain pihak, ia mengimbau agar masyarakat melaporkan keberadaan calo ke kontak layanan pengaduan CPNS atau akun media sosial resmi BKPSDM Kabupaten Bandung.

“Masyarakat dapat menghubungi call center kami di 08112092020 yang siap melayani pada hari kerja mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, atau bisa DM (Direct Message) langsung ke media sosial resmi kami,” paparnya.

Wawan menambahkan, pada seleksi CPNS tahun ini pihaknya membuka sebanyak 309 formasi. Adapun untuk pendaftaran CPNS Online akan dilaksanakan pada 11 – 24 November 2019.

Sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 16 Desember 2019. Sementara pelaksanaan Seleksi Kopetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada Februari 2020 dan pengumuman dilaksanakan pada Maret 2020. Sedangkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan pada April 2020 dan integrasi nilai SKD dan SKB direncanakan akan dilaksanakan pada April 2020.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds