Angka Stunting di Jabar Tinggi, Pemprov Targetkan Turun di Bawah 20 Persen

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat manargetkan penurunan stunting di bawah 20 persen. Pasalnya, angka stunting di tanah Pasundan saat ini  melebihi angka nasional.


“Angka stunting di Jabar masih cukup tinggi 28,3 persen. Sedangkan nasional 27 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Berli Hamdani seusai penandatangan kerja sama Pemprov Jabar dengan Danone Indonesia di Bandung, Selasa (12/11/2019).

Berli menuturkan, pihaknya menargetkan penurunan stunting di bawah 20 persen dengan membidik semua daerah, terutama 11 kabupaten/kota.

Ke-11 kabupaten/kota dengan angka stunting tinggi di antaranya Sukabumi, Garut, Tasik, Cirebon dan Ciamis.

“Untuk mencapai penurunan stunting, Pemprov Jabar menggandeng berbagai stakeholder mulai dari masyarakat hingga perusahaan dengan tiga strategi utama,” tambahnya.

Pertama, modifikasi pola asuh. Seperti diketahui, stunting timbul dari keluarga dengan pola asuh yang tidak optimal. Kedua, penyusunan menu keluarga.

Caranya dengan melakukan pendampingan dan memberikan stimulan dalam bentuk makanan hingg susu formula yang direkomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Ketiga, meningkatkan kualitas sanitasi.

Sementara itu, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia, Connie Ang mengatakan, ada beberapa poin yang dikerjasamakan antara pihaknya dengan Pemprov Jabar.

Pertama, peningkatan kemandirian dan kemampuan tenaga keseharan serta kader untuk mengevaluasi status gizi balita.

Kedua, sosialisasi dan edukasi gizi seimbang Isi Piringku dan hidrasi sehat ayo minum air (Amir).

Ketiga, dukungan 33.000 akses nutrisi pertumbuhan yang dikumpulkan dari pledge berbagai lapisan masyarakat untuk sekitar 8.000 anak.

Keempat, pembangunan sarana prasarana air bersih dan sanitasi, serta edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat melalui Wash (water and danitation hygiene). Terakhir, edukasi pilah sampah Bijak Berplastik.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …