Kampung Jabong Bau Kotoran Sapi

ILSUTRASI : Peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kampung Jabong, Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

ILSUTRASI : Peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kampung Jabong, Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Warga di Desa Curugrendeng  Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang mengeluhkan bau tak sedap yang menyengat dari keberadaan peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kampung Jabong, Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.


Warga menduga pencemaran akibat pembuangan limbah bekas kotoran sapi yang tidak ditangani secara serius oleh pihak perusahan sapi perah tersebut.

Endah, seorang warga setempat mengaku sangat terganggu akibat kotoran dan sisa limbah sapi perah teraebut. Bahkan meski pintu dan jendala rumahnya sudah tertutup rapat tak jarang bau menusuk tersebut tetap tercium di dalam rumahnya.

“Baunya sudah bikin mual, kadang bikin puyeng kepala. Bagi warga mungkin sudah agak biasa. Parahnya kalu ada tamu jauh dan tak terbiasa dengan bau tersebut, “ungkap Endah , kepada Radar Bandung, Minggu (10/11/2019)

Menurutnya, pihaknya tidak melarang keberadan kandang sapi tersebut, apa lagi bisa menyerap tenaga kerja lokal.

“Asal, pengelolanya memperhatikan limbah dari kotoran sapi yang merugikan orang lain,” tambahnya.

Warga lainnya, namun enggan disebutkan namanya mengatakan, karena geram mereka sempat mengadukan kejadian ini ke pihak pemerintah desa. Ia bersama warga yang lain meminta adanya tindakan tegas dari pemerintah desa terkait adanya peternakan ini, pasalnya warga menilai bau yang ditimbulkan dari kotoran sapi ini sangat membuat mereka tidak nyaman.

“Yang menjadi korban itu dusan Jabong, RT 8, RT 9 dan RT 10 dusun, apalagi kalau malam dan anginnya besar pasti bau sekali,” katanya.

Keluhan tak hanya lontarkan warga desa Curugrendeng, keluhan serupa juga sampaiakn warga dusun Ciseuti, Desa Jalancagak, Kecamatan Jalancagak sempat protes setelah sumber air yang biasa mereka gunakan, tercemar limbah kotoran sapi dari peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS).

“Diduga libah kotoran sapi itu sempat dibuang ke saluran air. Kerena warna airnya berubah menjadi pekat kecolatan. Dam sumber air di sini pun berubah menjadi bau, kotor dan berbusa, bahkan airnya pun menimbulkan bau kotoran sapi,” ujar warga Kp. Ciseuti yang enggan namanya disebutkan.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak pemerintah desa setempat maupun pihak pengelola peternakan sapi Agri Prima Sukases (APS)

(anr).

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …