Kampung Jabong Bau Kotoran Sapi

ILSUTRASI : Peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kampung Jabong, Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

ILSUTRASI : Peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kampung Jabong, Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Warga di Desa Curugrendeng  Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang mengeluhkan bau tak sedap yang menyengat dari keberadaan peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kampung Jabong, Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.


Warga menduga pencemaran akibat pembuangan limbah bekas kotoran sapi yang tidak ditangani secara serius oleh pihak perusahan sapi perah tersebut.

Endah, seorang warga setempat mengaku sangat terganggu akibat kotoran dan sisa limbah sapi perah teraebut. Bahkan meski pintu dan jendala rumahnya sudah tertutup rapat tak jarang bau menusuk tersebut tetap tercium di dalam rumahnya.

“Baunya sudah bikin mual, kadang bikin puyeng kepala. Bagi warga mungkin sudah agak biasa. Parahnya kalu ada tamu jauh dan tak terbiasa dengan bau tersebut, “ungkap Endah , kepada Radar Bandung, Minggu (10/11/2019)

Menurutnya, pihaknya tidak melarang keberadan kandang sapi tersebut, apa lagi bisa menyerap tenaga kerja lokal.

“Asal, pengelolanya memperhatikan limbah dari kotoran sapi yang merugikan orang lain,” tambahnya.

Warga lainnya, namun enggan disebutkan namanya mengatakan, karena geram mereka sempat mengadukan kejadian ini ke pihak pemerintah desa. Ia bersama warga yang lain meminta adanya tindakan tegas dari pemerintah desa terkait adanya peternakan ini, pasalnya warga menilai bau yang ditimbulkan dari kotoran sapi ini sangat membuat mereka tidak nyaman.

“Yang menjadi korban itu dusan Jabong, RT 8, RT 9 dan RT 10 dusun, apalagi kalau malam dan anginnya besar pasti bau sekali,” katanya.

Keluhan tak hanya lontarkan warga desa Curugrendeng, keluhan serupa juga sampaiakn warga dusun Ciseuti, Desa Jalancagak, Kecamatan Jalancagak sempat protes setelah sumber air yang biasa mereka gunakan, tercemar limbah kotoran sapi dari peternakan sapi Agri Prima Sukses (APS).

“Diduga libah kotoran sapi itu sempat dibuang ke saluran air. Kerena warna airnya berubah menjadi pekat kecolatan. Dam sumber air di sini pun berubah menjadi bau, kotor dan berbusa, bahkan airnya pun menimbulkan bau kotoran sapi,” ujar warga Kp. Ciseuti yang enggan namanya disebutkan.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak pemerintah desa setempat maupun pihak pengelola peternakan sapi Agri Prima Sukases (APS)

(anr).

Loading...

loading...

Feeds

PPB

PPB Perkuat Peran Jurnalis dan Perangi Hoaks

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menghadapi bonus demografi di Indonesia pada tahun 2045  mendatang, Pemuda Peduli Bangsa (PPB) mengantisipasi hambatan yang akan …
Pemkot

BSM Plus Permudah Informasi Geografis

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyosialisasikan aplikasi sistem informasi geografis berbasis situs daring bernama Bandung Smart Map Plus (BSM+). …
PNS

Oknum PNS Subang Main Narkoba Berjenis Sabu

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Petugas Kepolisian Polres Subang menangkap seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Subang ditangkap karena …
Persib

Lawan Badak Lampung dengan Skuad Lengkap

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung tinggal menyisakan dua laga di Liga 1 2019. Terdekat, Maung Bandung akan menghadapi Perseru Badak …
PRESIDEN

Demokrat Tolak Penambahan Masa Jabatan Presiden

POJOKBANDUNG.com, Wacana penambahan masa jabatan presiden terus mengemuka, kendati Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak setuju dengan penambahan jabatan kepala …
cipali

Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat yang akan menggunakan Tol Cipali untuk mewaspadai kecelakaan. Kecelakaan …